Health and Wellness, Ajak User Hidup Sehat

MALANG -  Banyak smartphone yang menawarkan teknologi dan fitur menarik di dalamnya. Namun jarang vendor yang menyematkan fitur kesehatan untuk penggunanya. Jika Anda pengguna Samsung Galaxy S4 dan SIII, bisa menikmati fitur keren ini. Pada gadget canggih tersebut, Samsung membenamkan fitur Health and Wellness, yang di dalamnya juga berisi aplikasi S Health.
S Health merupakan aplikasi yang dapat mengukur sekaligus merekam langkah kaki, jumlah kalori, temperatur, serta kelembapan udara.  Pengguna Galaxy S4 pun secara otomatis dapat mengontrol kondisi kesehatannya.
Promotor Samsung, Dewi Anggraeni, menyebutkan aplikasi S Health baru ditanamkan Samsung pada Galaxy S4. “Dengan fitur Health and Wellness yang di dalamnya berisi aplikasi S Health, pengguna pun bisa mengontrol waktu berolahraga. Aplikasi ini juga dapat merekam detak jantung,’’ kata wanita yang bertugas di Karna Jaya Cell ini.
Dewi melanjutkan untuk dapat merekam penuh aktifitas penggunanya, aplikasi S Health memang tidak bisa berdiri sendiri. Ada beberapa perangkat sebagai alat pelengkap aplikasi ini atau yang biasa disebut S Band dan Heart Rate Monitor. Dan seluruh perangkat kesehatan tersebut dapat terintgrasi dan terkoneksi melalui Bluetooth. “Untuk mendapatkan perangkat S Band, pengguna lebih dulu melakukan pemesanan, lantaran perangkat S Band sendiri tidak dijual di semua toko, outlet maupun gerai penjualan smartphone Samsung,” tambah Dewi.
Aksesoris pendukung aplikasi S Health lainnya adalah Heart Rate Monitor. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur atau merekam detak jantung. Saat pengguna berlari sangat cepat, alat Heart Rate Monitor ini akan bekerja dan merekam seluruh detak jantung. Dan pengguna pun dapat melihat dengan jelas rekaman detak jantungnya.
Perangkat lainnya adalah timbangan badan. Dewi mengatakan, timbangan badan ini akan menghitung secara akurat berat badan pengguna. Bahkan, timbangan badan ini bisa menyimpan data hingga tujuh profil pengguna dengan hitungan yang sangat akurat. “Ini salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy S4, yang tidak dimiliki ponsel lainnya,” urai perempuan berparas ayu ini.
Ponsel yang mengusung layar super AMOLED 1080p ini, juga mengusung fitur Air View atau gerakan dan Smart Gulir. Air View dengan gerakan atau smart gulir ini merupakan teknologi lambaian tangan, tanpa harus menyentuh ponsel. Contohnya saat pengguna hendak melakukan browsing internet, cukup dengan melampaikan tangan atau jari di depan kamera dan seketika itu juga menu pada layar ponsel akan berubah. (vik/nda)