Ponsel Murah LG Simpan Tujuh Fitur Mahal

LG Mobile Indonesia baru meluncurkan tiga seri smartphone Android dari lini L II Series, yakni L3, L5 dan L7. Walau spesifikasi yang diusung tak jauh berbeda, yang jelas smartphone ini dijual di bawah Rp 3 juta. LG Optimus L3 membenamkan layar 3,2 inci QVGA. Smartphone ini didukung prosesor single core 1.0 GHz, dan storage hingga 2GB. Sementara untuk LG Optimus L5, memiliki layar 4 inci WVGA yang diperkuat dengan prosesor Single Core 1.0 GHz. Paling mahal adalah Optimus L7 Series II dengan bentang layar 4.3 inci WVGA yang didukung dengan prosesor Dual Core 1.0 GHz serta memori intenal memori 4GB plus tambahan slot microSD.
Tapi ini bukan sekedar harga murah dan spesifikasi mumpuni saja, karena pada kenyataannya, LG membenamkan fitur-fitur keren yang biasanya hanya ada di smartphone Android mahal. Malah beberapa ada yang secara ekslusif hanya ada di smartphone LG. Apa sajakah tujuh fitur mahal yang ada di ponsel murah LG ini?

1.    Quick Notes
Memang LG L II Series ini tidak menggunakan layar sentuh yang besar sekelas phablet. Apalagi ditambahkan aksesoris stylus. Namun LG Mobile tidak ragu membenamkan fitur yang disebut Quick Notes. Fitur ini memang ditemukan di Samsung Galaxy Note. Biasanya pengguna bisa mencorat-coret dengan menggunakankan S-pen. Nah, fungsi Quick Notes ini tak jauh berbeda. Menggunakan jarinya, pengguna dapat menuliskan huruf atau angka di layar, tanpa harus masuk ke notes. Bahkan, bila memasukkan angka-angka, pengguna bisa men-drag dan drop langsung ke situs, misalnya situs perbankan. Uniknya ada tombol khusus untuk pengguna yang mendadak harus mencatat nomor atau tulisan penting.

2.    Cheese Shutter
Kamera di LG L II Series ini memang tidak terlalu besar, paling mentok adalah 5MP yang terdapat di L7 II. Tapi, soal fitur yang ditawarkan sungguh menarik. Salah satunya adalah fitur Cheese Shutter. Fungsinya jelas, pengguna bisa menjepret gambar hanya dengan mengucapkan kata seperti 'Cheese', 'Kimchi', atau 'LG'. Fungsi fitur ini berjalan baik baik saat menggunakan kamera belakang atau kamera depan. Jadi tak perlu kesulitan saat ingin narsis memotret diri sendiri. Cukup arahkan kamera ke objek, kalau sudah pas tinggal bilang 'Cheese'. Click!

3.    Q Slide
Lagi asyik menyaksikan video di ponsel, mendadak harus melakukan browsing. Tak perlu takut, karena melalui fitur Q Slide, pengguna bisa melakukannya keduanya. Ya, sambil menyaksikan video, pengguna LG L II Series bisa sambil berselancar di dunia maya. Atau, bisa juga melakukan aktivitas lainnya. Agar tidak bertabrakan dan saling menumpuk aplikasi satu dengan video yang ditonton, pengguna bisa mengatur tingkat transparan videonya. Fitur ini diklaim oleh pihak LG Mobile Indonesia memang bukan yang pertama, tapi mengatur tingkat transparansinya tidak ada di kompetitor lainnya.
4.    Smart Screen
Terkadang kita menggunakan ponsel untuk membaca tulisan dalam jangka waktu lama. Tak perlu ribet mengatur tingkat cahaya, karena LG punya fitur yang disebut Smart Screen. Dengan sensor yang terdapat di bagian atas sebelah kamera, saat membaca tingkat kecerahan dapat menyesuaikan diri. Sehingga, pengguna tak perlu harus ribet menyentuh untuk menyalakan layar yang meredup saat bacaan yang dibaca termasuk panjang. Hal lainnya, saat mata pengguna mengalihkan dari layar dalam waktu tertentu, secara otomatis ponsel langsung akan mematikan diri. Sehingga baterai pun semakin tahan lama.

5.    Q Translator
Sedang berada di negara lain, dan kebetulan terbentur dengan bahasa setempat. Jangan pusing, karena LG mempunyai fitur Q Translator. Sesuai namanya, ini adalah fitur yang memungkin menerjemahkan tulisan dalam bahasa lain ke bahasa yang diinginkan. Caranya pun mudah, cukup arahkan kamera ke tulisan yang diinginkan. Asal ada data, maka secara otomatis akan menerjemahkan sesuai mode yang diinginkan, per kalimat atau per kata. Karena source yang digunakan berasal dari Google Translate, so pasti Q translator ini juga mendukung Bahasa Indonesia.

6.    Smart Dual SIM
Selain single SIM card, ponsel LG L7 II Series ini hadir dalam versi dual SIM. Tak sekedar dual SIM sama-sama on, tapi ada kelebihan lain di ponsel dua kartu ini. Smart dual SIM, ponsel ini akan secara otomatis menelepon ke nomor yang berasal operator yang sama, ini sangat bagus bila ingin menghemat pulsa. Tapi, bila tidak menginginkannya juga bisa dimatikan. Selain itu, bila Anda menyimpan nomor di SIM 1, maka tak perlu risau saat sedang berada di SIM 2 nomor tersebut juga akan tetap terbaca.

7.    LG Safety Care
Ponsel LG ini juga menyematkan fitur yang mampu menjadi 'pengawal pribadi' Anda bila sedang dalam bahaya. Karena dengan pengaturan setting sebelumnya, pengguna bisa menelepon nomor darurat ke orang terdekat kita, dengan sekali memencet nomor. Selain itu, dengan berbasis GPS ponsel ini bisa mengirimkan SMS lokasi kordinat posisi terakhir dari pengguna. Bahkan, saat ponsel ini mau mati atau low battery, masih bisa mengirimkan secara otomatis. Bahkan bila mendesak, asal ponsel ini tetap menyala, mampu mengirimkan lokasi terbaru saat titik kordinat si empunya ponsel berpindah posisi. (dk/mar)