MacBook Pro Sematkan Teknologi retina

MALANG– Apple tidak hanya serius dengan produksi smartphone serta iPad-nya. Perusahaan asal  Amerika ini juga serius memproduksi perangkat keras lainnya. Sebut saja MacBook Pro (MBP), 13.3 inci. Tentu saja, produk tersebut berbeda dengan produk Apple sebelumnya, lantaran pada produk MBP ini Apple juga menyematkan teknologi retina display pada layarnya.
“Teknologi retina display yang dipasang pada MBP, memberikan kesan elegan. Tampilan layar lebih tajam, karena Apple membekali  MBP ini dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel,” kata Customer Service Global, Nyaris Agus. Dia mengatakan, ketajaman warna pada layar MBP ini lantaran perangkat anyar tersebut juga memiliki kontras rasio yang lebih tinggi 29 persen.
Nyaris, sapaannya menyebutkan jumlah piksel yang dimiliki MBP empat kali lipat dari jumah pixel di generasi sebelumnya. Apple memang mengklaim produk yang dijual dengan harga Rp 16.2 juta ini merupakan notebook dengan resolusi tertinggi kedua di dunia. “Untuk Macbook yang memiliki resolusi tertinggi pertama di dunia adalah MacBook Pro 15. Layar produk tersebut juga dibekali dengan Retina Display,” tambah dia.  MBP 13.3 inci ini sendiri tampil sangat seksi. Menurutnya, Apple juga memangkas berat MBP dari generasi sebelumnya. “Saat ini MBP 13.3 inci, memiliki berat 3,5 pon (1,62 kg), hampir satu pon lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Sedangkan ketipisannya adalah 0,75 inch. Dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci versi lawas, 20 persen lebih tipis,” papar dia.
Namun ketipisan ini bukan tanpa pengorbanan. Untuk mewujudkannya, Apple menghilangkan optical drive dan FireWire 800 port dan Ethernet port yang biasa dijumpai di MacBook Pro 13 inci 'biasa'. Untuk urusan konektivitas, piranti anyar ini memiliki port USB 3.0 dengan headphone jack, port HDMI, SD card reader dan port Thunderbolt, plus MagSafe 2. Kameranya sudah mampu merekam 720p. “Produk ini merupakan produk premium, yang di dalamnya sudah memiliki teknologi yang mempuni. MBP ini menggunakan SSD 128 GB, dengan prosesor 2,5 GHz dual-core Intel Core i5 dan memori 8 GB. Sangat cepat untuk digunakan beraktifitas,” tandas Nyaris. (vik/mar)