XL Nonton Diluncurkan

Mengukuhkan langkah untuk masuk ke dunia hiburan, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali menghadirkan layanan entertainment inovatif yang memudahkan masyarakat dengan mobilitas dan aktifitas tinggi untuk menikmati film-film favorit secara streaming langsung dari handphone atau gadget serta PC. Layanan bernama “XL Nonton” ini merupakan hasil kerjasama XL dengan BesTV New Media International sebagai pemegang lisensi konten dan distribusi. Peluncuran XL Nonton berlangsung di Jakarta, berbarengan dengan pemutaran perdana film nasional “Cinta Brontosaurus” produksi Starvision. Pada kesempatan tersebut Direktur Digital Services XL, Dian Siswarini dan Presiden Direktur StarVision, Chand Parwez menandatangani kerjasama kedua pihak.
 Pada acara peluncuran tersebut, XL Nonton juga menampilkan cuplikan (Sneak Preview Online) dari film yang dibintangi oleh Raditya Dika tersebut. Ini sekaligus merupakan yang pertama di dunia, sneak preview pemutaran perdana suatu film dilakukan menggunakan layanan seperti XL Nonton. Dian mengatakan penyediaan layanan XL Nonton merupakan salah satu upaya strategis XL untuk menjadi bagian dari industri hiburan. “Kami tidak akan ragu untuk memasuki ranah baru ini. XL memiliki sumber daya untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pelanggan atas sarana hiburan yang bisa diakses secara simpel, kapan saja dan di mana saja melalui ponselnya,” terangnya. Dia mengatakan, sebelumnya XL telah memulainya melalui beberapa layanan musik.
“Kami berharap, ke depan layanan-layanan hiburan dari XL akan mampu ikut menyemarakkan dan memberikan kontribusi positif bagi industri hiburan tanah air,” paparnya.  Menurut dia, XL Nonton adalah solusi bagi para pelanggan XL yang ingin menikmati konten-konten video (movie, sport preview, gosip, dan lain-lain), baik lokal maupun internasional namun memiliki mobilitas tiada henti. “XL Nonton menjadi salah satu pilihan hiburan baru bagi pelanggan XL pada khususnya dan pengguna internet pada umumnya yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengakses fitur yang ada tanpa batasan waktu dan lokasi,” urai dia.
XL Nonton mengadopsi konsep rental atau sewa dengan metode video streaming. Layanan ini menyediakan berbagai macam konten baik lokal maupun internasional yang terus diperbaharui secara berkala. Ragam hiburan yang bisa diakses melalui layanan ini adalah special content (gratis), film, serial televisi (akan tersedia mulai Juni 2013), olahraga, fashion, animasi, dan lifestyle. Pengguna smartphone atau tablet Android cukup mengunduh aplikasi mobile XL Nonton ini di GooglePlay. Selain melalui aplikasi, XL Nonton juga dapat diakses melalui website http://nonton.XL.co.id. “Siapa saja juga tetap dapat mengakses layanan ini, dengan menggunakan internet di luar jaringan XL,” pungkas Dian.
Teknologi Adaptive Bitrates
 XL Nonton memberikan layanan dengan kualitas terbaik, telah menerapkan teknologi adaptive bitrates di mana penyampaian konten akan mengikuti koneksi yang ada sehingga meminimalisasi buffering. Kelebihan lain adalah bisa diakses melalui wi-fi dengan internet koneksi apa saja. Selain itu, konten internasional akan disertai terjemahan bahasa Indonesia yang nyaman untuk disimak.  Untuk tarifnya, pelanggan hanya akan dikenakan biaya untuk mengakses data dan pembelian paket layanan XL Nonton. Tarif layanan (di luar tarif akses data) sangat terjangkau siapa saja, dari mulai Rp 3.300 hingga Rp 11.000, tergantung jenis konten. Semua konten tersedia dalam format utuh dan bukan potongan. Info lebih lanjut dapat menghubungi Call Center XL di 817, Twitter @XL123, dan Facebook: XL Rame. Video online merupakan salah satu faktor pemikat terkuat penggunaan layanan data/ Internet. Sekitar 8,7 juta masyarakat aktif mengakses video online berdasarkan data comScore (Agustus 2012) dan lebih dari 40 persen total traffic internet digunakan untuk mengakses video. Sebelumnya, XL sudah memiliki beberapa layanan hiburan, antara lain Musikkamu, K-Pop, XL Karaoke, dan TV Kamu. (mar)