Xperia Z Siap Diajak Nyebur

Review Produk
SEJAUH ini memang tak banyak ponsel tahan air yang beredar di Indonesia. Mungkin itu juga yang menjadi alasan mengapa Sony tetap menggelontorkan jenis ponsel tersebut, seperti si mewah Xperia Z. Hingga kini Sony memiliki setidaknya 4 tipe ponsel tahan air, temasuk versi terbaru sekaligus flagship mereka Xperia Z yang diperuntukkan bagi segmen ponsel kelas atas. Keistimewaan ponsel ini bukan hanya terletak pada kemampuannya menahan air dan debu, tapi juga jeroan dan segudang fitur terbaru Sony yang belum pernah ada di produk mereka sebelumnya. Maka wajar saja jika Sony berharap banyak pada produk yang satu ini. Performa tinggi, durabilitas yang baik, serta segudang fitur canggih kerap disuarakan Sony ketika memasarkan Xperia Z.  Seperti apa performanya?

1.    Konsep Outdoor Nyeleneh
Biasanya, ponsel yang dibuat agar tahan air dan debu itu memiliki desain kaku. Kemudian di sekujur tubuhnya dilengkapi dengan karet pelindung berupa karet atau sejenisnya. Namun hal kaku tersebut tak ditemui pada Xperia Z. Meski ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP55 dan IP57 (tahan air dan debu), tapi soal penampilan tak kalah mentereng dengan ponsel papan atas lainnya. Sepintas melihat mungkin tak ada yang percaya bahwa ponsel ini bisa dipakai saat hujan, karena memang bentuknya tak seperti smartphone outdoor kebanyakan.

2.    Layar Full HD
Xperia Z adalah salah satu ponsel yang layarnya sudah menggunakan resolusi full HD di 1920 X 1080 pixel, dan di Indonesia hanya HTC Butterfly saja yang menggunakan resolusi serupa. Layar Xperia Z sangat tajam. Mungkin selain karena resolusinya yang tinggi, kepadatan pixel ponsel ini yang mencapai 441 ppi juga menyumbang banyak soal kualitas gambar. Sayangnya, layar Xperia Z masih mengusung jenis TFT. Layar jenis ini memang terasa 'adem' di mata, karena memang gambar yang dihasilkan tidak segemerlap super AMOLED atau S-LCD. Tapi layar ini punya sudut pandang yang buruk.

3.    Benchmark Tercepat
Soal performa jangan ditanya. Chipset Xperia Z menggunakan Qualcomm MDM9215M yang di dalamnya terdapat prosesor 4 inti 1,5 GHz, GPU Adreno 320 dan memori RAM sebesar 2 GB. Dengan spesifikasi secanggih ini hampir semua game berat bisa dimainkan dengan mudah.
4.    Kualitas Kamera
Dengan kamera sebesar 13 megapiksel, Xperia Z dijanjikan mampu menghasilkan gambar yang memukau. Benarkah demikian? Untuk menghasilkan foto yang baik Xperia Z tidak hanya dibekali dengan lensa kamera yang besar, tapi juga punya beberapa opsi yang mampu memaksimalkan hasil jepretan, sebut saja beberapa modus foto yang bisa dipakai. Dalam aplikasi kamera bawaan Xperia Z ada beberapa modus seperti Soft Skin, Soft Snap, Anti Blur, Landscape, Backlight Correction, Night Portrait, Night Scene, High Sensitivity, Pet, Sport, Document dan masih ada beberapa modus lainnya.

5.    Fitur Tambahan
Tak dipungkiri lagi jika Xperia Z dibekali begitu banyak fitur yang terlihat menggiurkan. Namun beberapa diantaranya layak menjadi perhatian khusus karena memberikan hasil yang cukup signifikan. Sebut saja Bravia Engine 2. Layar Xperia Z yang sudah dibumbui fitur tersebut terlihat makin berwarna. Ya, engine generasi kedua ini mampu menghadirkan kontras rasio yang lebih baik, juga efek dramastis yang membuat gambar kian hidup. Coba saja diaktifkan, maka hasilnya akan terasa berbeda. Seperti kebanyakan smartphone lainnya yang kian haus daya, dengan prosesor 4 inti Xperia Z juga pasti membutuhkan daya yang tidak sedikit. Untuk itulah Sony membekalinya dengan baterai berkapasitas 2330 mAh.

6.    Siap Diajak Basah
Tak dipungkiri lagi jika daya tahan terhadap air dan debu menjadi salah satu nilai jual produk ini. Kalau cuma sekadar terkena cipratan air ponsel ini memang cukup tangguh. Pengguna tak perlu khawatir karena memang seluruh celah di Xperia Z tertutup rapat. Tapi ternyata, saat diajak berendam ponsel ini pun masih bisa tahan.

7.    Hasil Akhir
Secara keseluruhan fitur yang ditawarkan Xperia Z ini memang sulit ditandingi ponsel sejenis. Desain elegan, daya tahan terhadap air dan debu, performa sangar, hingga fitur-fitur yang membuat ponsel ini kian enak dipakai. Hanya saja ada beberapa sedikit celah yang perlu diperhatikan. Sebut saja bodi yang mudah meninggalkan jejak jari, sehingga cepat terlihat kotor setelah dipakai. Belum lagi soal sudut pandang layar TFT yang kurang lebar dibanding produk di kelasnya. Sedikit saja bergeser, maka keindahan warna di Xperia Z akan sedikit berkurang. (dk/mar)