Linksys EA6500, Router Pintar untuk Perangkat Pintar

Tahukah Anda ?
LABEL sebagai 'gadget pintar' tak cuma untuk smartphone. Perangkat router pun sudah diberi embel-embel 'pintar'. Seperti yang dihadirkan Linksys lewat seri EA6500. Seperti apa kepintarannya?. Linksys menyebut EA6500 sebagai Smart WiFi Router, dan diklaim mampu menghadirkan kemudahan bagi pengguna rumahan. Dibekali kemampuan dual-band pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, EA6500 disebut menawarkan kecepatan hingga 450 Mbps pada kedua frekuensi yang telah didukungnya tersebut. Bahkan EA6500 diklaim dapat menembus kecepatan hingga 1,3 Gbps saat terhubung dengan perangkat yang telah mengadopsi teknologi wireless terbaru 802.11ac. Untuk menghadirkan koneksi yang stabil, Linksys membekali EA6500 dengan fitur Speedboost melalui teknologi antena terbaru yang memungkinkan jangkauan yang lebih kuat dan juga lebih jauh.

Akses dari Manapun
Kelebihan lain yang dimiliki EA6500 adalah dapat diakses dari luar rumah lewat smartphone ataupun tablet PC. Untuk memungkinkan hal tersebut, pengguna terlebih dahulu harus memiliki akun melalui situs Cisco Connect Cloud. Setelah terdaftar, pengguna hanya perlu menghubungkan akun tersebut dengan EA6500 melalui menu yang dimilikinya. Tentunya untuk melakukan hal tersebut, EA6500 harus dipastikan terhubung ke jaringan internet. Setelah terhubung, lewat aplikasi Linksys Smart WiFi yang dapat didownload via Google Play dan AppStore, pengguna dapat dengan mudah memantau atau mengubah settingan EA6500 secara remote dari luar rumah.

Media Server & Print Server
Tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan dukungan koneksi wireless, berkat 2 buah port USB yang dimilikinya, pengguna juga dapat dengan mudah mengandalkan EA6500 sebagai media server ataupun print server. Untuk memungkinkan hal tersebut, hanya perlu memasangkan hardisk eksternal ataupun printer pada port USB. Kemudian dari dalam menu EA6500, pengguna tinggal melakukan konfigurasi agar kedua perangkat tersebut terhubung dalam jaringan. Menariknya lagi, pengguna juga dapat mengetahui status kapasitas hardisk eksternal yang terpasang pada port USB.

Kemampuan DLNA & NFC
Selain berbagai kelebihan yang telah dimilikinya tersebut, Linksys juga tidak luput menyematkan fitur DLNA pada EA6500. Tentunya dengan kemampuan DLNA, pengguna dapat menghubungkannya dengan perangkat lain yang juga telah memiliki dukungan serupa. Lewat DLNA, EA6500 mampu menyajikan streaming video ataupun musik berkecepatan tinggi dari perangkat media server yang terpasang pada EA6500 menuju perangkat lainnya yang terhubung. Seperti Smart TV, Media Player, ataupun konsol game. Linksys juga menyematkan kemampuan NFC. Untuk terhubung dengan perangkat lain yang juga memiliki dukungan NFC seperti smartphone, pengguna hanya perlu melakukan tap pada sebuah kartu 'simple tap'.

Kinerja Mumpuni
EA6500 telah memiliki dukungan terhadap teknologi wireless terbaru 802.11ac, maka dalam pengujiannya EA6500 dipasangkan dengan Linksys WUMC710 yang merupakan perangkat media bridge connector yang telah dibekali dukungan 802.11ac. Melalui Linksys WUMC710, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan perangkat yang hanya dibekali konektor LAN seperti konsol game, media player, ataupun Smart TV agar dapat terhubung pada jaringan internet melalui koneksi WiFi yang dimiliki Linksys WUMC710. Tentunya agar terhubung, Linksys WUMC710 harus dipasangkan terlebih dahulu dengan EA6500 yang memiliki koneksi internet. (dk/mar)