Smartfren DF79B Jadi Modem Buruan

UNGGUL : Smartfren DF79B kian diminati dengan keunggulannya memancarkan signal WiFi.

MALANG– Meningkatnya penggunaan internet nirkabel dimanfaatkan betul oleh Smartfren. Tidak sekadar meluncurkan modem yang dapat menangkap sinyal 3.5G (EVDO-REV B), yang diklaim memiliki kecepatan hingga 14.2 Mbps, tapi operator CDMA ini juga meluncurkan modem yang dapat memancarkan sinyal WiFi. Yakni Smartfren DF79B. Tak ayal, modem yang dijual dengan harga Rp 599.000 inipun laris manis. Marketing  Semeru Corner, Ika Verawati mengatakan, sejak  diluncurkan kali pertama pada awal tahun 2013, Smartfren DF79B memang banyak dicari. Itu karena modem ini tidak hanya sekadar modem biasa. Lantaran sinyal WiFi yang dipancarkan, bisa dimanfaatkan, atau digunakan oleh lima orang sekaligus sehingga menjelajah internet pun akan lebih asyik.
“Secara fisik, bentuk DF79B ini memang tidak berbeda dengan modem lainnya. Hanya saja, lebih sedikit tebal dan berat. Dan manfaatnya sangat luar biasa,” katanya. Dia menambahkan pengaturan modem ini sangat mudah dan sederhana, serta mudah dipahami, lantaran pengguna hanya perlu melakukan pengaturan lewat antarmuka berbasis web. “Setting bawaan Smartfren sudah bisa langsung dipakai untuk berinternet. Tapi, jika butuh konfigurasi tambahan, pengguna bisa masuk ke situs konfigurasi di IP 192.168.1.1 atau alamat lokal http://smartfrenwifi.home,’’ tambah dia.  Dari antarmuka tersebut, pengguna juga dapat melakukan pengaturan profil, sekaligus melihat status signal, sekaligus melihat laporan lalu lintas data terpakai, hingga melakukan pengiriman pesan singkat (SMS) ke nomor lain.
“Untuk pengiriman SMS ke nomor lain memang tidak bisa maksimal, karena semua pulsa langsung dikonversi menjadi data (internet).  Tapi jika memang ingin ber SMS, Smartfren menawarkan kartu lain, dengan paket non EVO,” ujar wanita berambut panjang ini.  Yang menarik, selain dapat berfungsi sebagai modem, sekaligus alat pemancar signal WiFi, Smartfren DF79B juga bisa digunakan untuk membaca kartu microSD sekaligus menjadikannya sebagai USB flashdisk darurat. “Modem ini juga menyediakan aksesori tambahan berupa adapter dengan soket USB. Jadi piranti ini bisa disambungkan langsung ke jala-jala listrik tanpa bantuan PC,” pungkas Ika. (vik/mar)