Stok Langka, Harga Melesat

MALANG – Meski sudah dirilis berbulan-bulan yang lalu, namun penampakan iPad Mini masih sulit ditemukan di pasar gadget Malang. Tidak semua konter di Malang memiliki stok gadget keluaran Apple ini. Beberapa kabar menyebutkan, langkanya produk ini merupakan dampak dari kebijakan pemerintah terkait dengan bea cukai, yang membuatnya sulit masuk.
Kelangkaan stok ini berakibat harga iPad Mini mengalami kenaikan. Seperti di salah satu gerai di Plaza Dieng, iPad Mini dengan kapasitas 16 GB dijual dengan harga Rp 8,6 juta. Padahal, saat dirilis beberapa waktu lalu, produk ini dibanderol dengan harga Rp 5,5 juta– Rp 6 juta.
Meski cukup mahal, iPad Mini tetap dicari. Itu terbukti dengan banyaknya user yang melakukan pemesanan. “Kami memang tidak banyak menyetok, ini saja sudah ada yang memesan,” terang Marketing Konter, Kristin Verose kepada Malang Post kemarin.
Di Global AAR, Malang Olympic Garden (MOG), stok iPad Mini juga sulit dicari. Menurut Marketing Global AAR, Wisnu Triyadi  keberadaan iPad Mini hingga saat ini memang sangat langkah. Bahkan, kelangkaan itu juga menulari produk Apple lainnya.
“Dari pusat mengatakan, banyak barang yang masih tertahan di Bea Cukai. Kami juga menunggu (stok datang), sementara permintaan terus bertambah,” kata Wisnu. Ia menambahkan, kelangkaan produk Apple ini justru dimanfaatkan beberapa distributor lain, dengan menjual barang yang tidak resmi alias Black Market (BM).
Mahalnya harga iPad Mini ini sebenarnya sesuai dengan teknologi yang diusungnya.  Produk ini memiliki ukuran layar 7,9 inci, terpaut 0,9 inci dari tablet Nexus 7 besutan Google dan Asus. iPad Mini mempunyai resolusi yang sama dengan iPad generasi pertama, yaitu 1028x767 pixeldengan kepadatan 163 ppi. Produk ini memiliki dua versi, yaitu versi WiFi only dan versi WiFi + Cellular.
Sementara untuk dapur pacunya, iPad Mini dibekali chipset A5 dual core 1 GHz,  dan RAM 512 MB. Sekalipun kalah dengan Nexus 7 yang menggunakan chipset NVIDIA Tegra 3 1.3GHz quad-core dengan RAM 1 GB, tapi faktanya secara penjualan iPad Mini ini lebih unggul. Untuk media penyimpanan atau memory internal, iPad Mini disediakan dalam tiga pilihan kapasitas, yakni 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Dan yang tersedia sekarang hanya kapasitas 16 GB. (vik/nda)