Pemutusan Benar, Cegah Kerusakan

MALANG – Flashdisk merupakan alat penyimpan data atau file. Dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik.  Sekalipun sangat simpel, namun benda mungil ini memiliki usia. Menurut Mario Triwanto, karyawan Rolland Phone, usia flashdisk adalah 10 tahun untuk pemakaian normal. Namun begitu, banyak flashdisk yang usianya tidak sampai 10 tahun, lantaran pemakaian yang salah.
“Ada beberapa tips untuk penggunaan flashdisk yang aman. Pertama penggunaan flashdisk pada sistem operasi Windows Me/2000/XP disarankan untuk pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak,” kata dia. Pria dengan tubuh kurus ini juga mengatakan memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca atau tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat yang dapat merusak komponen flashdisk dapat dicegah.
“Jika pada awalnya dulu flashdisk hadir dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 256 MB, 512 MB dan paling besar hanya 1 GB, tapi seiring dengan perkembangan zaman flashdisk hadir dengan kapasitas penyimpanan hingga 16 GB,” urainya. Bukan hanya kapasitas penyimpanannya saja yang besar, flashdisk juga hadir dengan berbagai bentuk. Bahkan imo dan karakter lucu pun disematkan, produsen untuk menghasilkan produk yang berbeda. Sebut saja karakter Helly Kitty, Angry Bird, hingga mobil-mobilan dan gelang. “Kalau dulu bentuk flashdisk adalah stik, tapi sekarang tidak. Banyak flashdisk yang bentuknya lucu-lucu,” tandasnya. (vik/mar)