HP Luncurkan SlateBook x2

MALANG POST - PRODUSEN komputer Hewlett-Packard (HP) tidak puas meluncurkan hanya satu buah seri perangkat tablet berbasis Android tahun 2013 ini. HP baru saja meluncurkan perangkat hybrid tablet dan notebook terbaru berbasis Android, SlateBook x2.
Produk ini disebut sebagai perangkat hybrid karena dilengkapi dengan keyboard detachable (bisa dilepas). Saat perangkat keyboard dilepas, maka produk ini akan berfungsi sebagai perangkat tablet. Namun, apabila keyboard dipasang, produk ini akan bertransformasi menjadi notebook.
Perangkat SlateBook x2 merupakan perangkat detachable pertama yang akan hadir dengan menggunakan prosesor mobile terbaru buatan Nvidia, Tegra 4.
Dikutip dari Pocket Lint, HP SlateBook x2 hadir dengan menggunakan layar yang cukup besar, yaitu 10,1 inci. Layar tersebut memiliki dukungan terhadap resolusi yang cukup tinggi, 1920 x 1200 piksel.
Dari segi sistem operasi, HP SlateBook x2 dipersenjatai dengan Android versi 4.2.2 Jelly Bean. Selain meluncurkan SlateBook x2, HP juga memperkenalkan perangkat hybrid lainnya yang dinamakan dengan Split x2. Perbedaan di antara keduanya, Split x2 hadir dengan sistem operasi Windows 8.
Layarnya pun sedikit lebih besar dari SlateBook x2. Perangkat yang satu ini tersedia dalam layar berukuran 13 inci yang mendukung resolusi 1366 x 768 piksel.
Untuk urusan "jeroan", perangkat ini sudah hadir dengan spesifikasi PC. Produk ini akan dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3 atau i5 Ivy Bridge. Dari segi media penyimpanan, Split x2 dilengkapi hard disk berkapasitas 500GB.
Selain untuk mengetik, keyboard detachable milik Split x2 juga dapat berfungsi sebagai baterai tambahan.
Produk ini baru akan diluncurkan pada bulan Agustus 2013 di Amerika Serikat. Belum diketahui kapan keduanya hadir di Indonesia. SlateBook x2 akan dijual dengan harga 480 dollar AS dan Split x2 dibanderol 800 dollar AS. (kps/fia)