Cek Notifikasi Ponsel Lewat Jam Tangan

MALANG  - Teknologi bluetooth tidak hanya ditemukan pada produk ponsel saja. Dalam perkembangannya, teknologi ini juga ditancapkan pada produk jam tangan. Salah satu vendor yang menanamkan teknologi ini adalah Casio. Hampir seluruh produk jam tangan digital terbaru pabrikan asal Jepang ini dilengkapi dengan bluetooth, yang dapat dihubungkan pada smartphone penggunanya.
Selain dapat digunakan sebagai pengaman, bluetooth yang tertanam ini juga dapat digunakan sebagai alat berbagai notifikasi panggilan masuk, email serta alarm. Pengguna jam tangan akan merasakan getaran ringan, saat mendapatkan panggilan masuk pada ponselnya, termasuk saat ada SMS masuk. Yang menarik, bukan hanya bergetar namun pengguna pun seketika akan tahu orang yang menelpon, lantaran pada layar jam tangan nama penelpon akan terpampang dengan jelas.
Sebelumnya, teknologi bluetooth pada jam tangan Casio ini hanya berlaku untuk produk Apple, namun begitu Casio terus melakukan pengembangan, sehingga bluetooth yang terpasang pada jam tangan tersebut juga dapat dihubungkan dengan ponsel berbasis android.
Mulyono, Marketing Watch Club Malang Olympic Garden (MOG) mengatakan, teknologi bluetooth yang tertanam pada jam tangan digital merek Casio ini memang cukup menarik perhatian user. Bahkan, diantara seri jam tangan digital, Casio dengan bluetooth ini paling banyak dicari.
Diterangkan oleh Mulyono, ada beberapa seri jam tangan digital Casio dengan teknologi Bluetooth. Diantaranya adalah G-Shock seri GB5600AB-1DR dan seri GB6900A-5DR. “Dengan teknologi yang tertanam tersebut, sebetulnya harganya cukup murah. Yaitu Rp 1.7 juta, diskon 20 persen,’’ katanya.
Mulyono juga mengatakan, untuk menghubungkan bluetooth antara jam tangan dengan smartphone tidaklah sulit. Lebih dulu bluetooth pada ponsel dihidupkan. Selanjutnya, pengguna masuk ke menu bluetooth pada jam tangan. Setelah itu, kedua alat tersebut disingkronkan, agar terhubung.
“Setelah keduanya terhubung, kinerja bluetooth dapat dilihat,’’ katanya. Namun begitu, tidak semua bluetooth dapat dihubungkan dengan jam tangan ini, lantaran Casio hanya memilih bluetooth seri 4.0 saja.
“Sekalipun dilengkapi dengan bluetooth, pengguna tidak perlu khawatir dengan baterainya. Karena baterai jam tangan Casio ini akan bertahan hingga dua tahun,’’ katanya. Dan yang terpenting, sekalipun dilengkapi dengan bluetooth, jam tangan Casio ini tetap tahan air hingga 200 bar. Sehingga pengguna tetap bisa menggunakan jam tangan ini saat berenang.(vik/fia)