Mirrorless Imut Berkekuatan Besar

MALANG – Produsen kamera terus memperbanyak varian kamera mirrorless di pasaran. Salah satu kamera mungil dengan performa tinggi yang baru diluncurkan ke pasar adalah Nikon 1 J2.
Karyawan Pantai Foto Matos, Agus Susanto mengatakan, Nikon 1 J2 merupakan penerus dari J1. Sesuai misinya sebagai generasi penerus, maka tak heran jika pabrikan kamera tersohor tersebut melakukan banyak penyempurnaan pada seri J2.
Secara umum, desain dari J2 tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Tampaknya, Nikon lebih memilih untuk melakukan pembenahan teknologi ketimbang desain.
Agus menjelaskan, Nikon 1 J2 dilengkapi dengan sensor CMOS 10.1 mp CX-Format yang mini dan prosesor Nikon Expeed 3. Dua senjata tersebut membuat performa J2 cukup mumpuni.
“Hasil gambarnya tajam. Setara dengan DSLR (Digital Single Lens Reflex),” terang Agus saat berbincang dengan Malang Post kemarin (24/5).
Serupa juga dengan pendahulunya, Nikon 1 J2 pun memiliki ISO 100-3200/6400, autofocus hingga 73 poin, dan kemampuan untuk merekam video dalam format HD. Selain itu Nikon menanamkan layar LCD 3 inci dengan tingkat kerapatan 921,000 dots untuk menggantikan layar LCD 3 inci milik Nikon 1 J1 yang hanya 460,000 dots.
“Layar LCD-nya lebih tajam karena kepadatannya lebih tinggi dari seri J1,” tutur dia.
Untuk menambah fungsionalitasnya, Nikon kini juga melengkapi Nikon 1 J2 dengan tombol putar untuk mengakses mode creative dan kontrol P/S/A serta pilihan scene yang terdiri dari Panorama, Selective Color, Miniature, Soft, Night Landscape, Backlighting dan Night Portraits.
“Ada banyak pilihan kontrol dan scene untuk memudahkan pemotretan. Sayangnya, Nikon tidak memberikan opsi setting manual,” imbuh dia.
Dalam paket penjualannya, Nikon 1 J2 dilengkapi dengan dua lensa sekaligus. Dilepas dengan harga Rp 6,2 juta, pengguna sudah bisa memiliki kamera plus dua lensa dengan ukuran 30-110 dan 10-30. “Plus lens hood,” imbuh dia.
Secara desain, J2 tampil lebih aktraktif ketimbang pendahulunya. Nikon memberi polesan warna cerah pada kamera mungil berkekuatan besar ini. Pilihan warnanya antara lain silver, merah, dan orange.
“Karena banyak pilihan warna cerah, maka pembeli J2 ini rata-rata perempuan,” ungkap Agus. (fia)