Pilih Galaxy Note Sesuai Kebutuhan

MALANG – Para gadgeter kini mengenal tiga produk Samsung Galaxy Note dipasaran. Ada seri Note II, Note 10, dan yang terbaru Note 8. Sekilas, ketiga produk ini hampir sama, perbedaan mencolok hanya terlihat pada dimensi ketiganya dari yang selebar 5 inci untuk Note II, 10 inci untuk Note 10, dan 8 inci untuk Note 8.
Customer Service Oke Shop Matos, Dedi Setiawan menjelaskan, Samsung Mobile menciptakan ketiga gadget tersebut berdasarkan segmentasi pengguna. Ketiganya memiliki spesifikasi yang bisa disesuaikan degan kebutuhan para user.
Dedi memaparkan, Note II bisa dipilih para user yang mengedepankan lifestyle. Dimensi yang kecil dengan layar super jernih karena menggunakan teknologi super AMOLED dan kamera berkekuatan 8 megapiksel (MP) di bagian belakang cocok dipakai untuk mendukung lifestyle modern.
“Kamera belakang resolusi 8mp, masih dilengkapi dengan lampu flash. Di bagian depan juga ada kamera berresolusi 2 MP. Untuk layarnya sendiri sudah menggunakan anti gores gorilla glass,” rinci Dedi saat ditemui Malang Post di gerai Oke Shop kemarin (24/5) siang.
Kendati performa tinggi, namun Note II kurang cocok untuk user yang banyak beraktivitas dengan program-program office. Layar kecil yang hanya 5 inci kurang memuaskan apalagi jika dipakai untuk presentasi.
“Untuk keperluan office, bisa dipilih seri Note 10. Layar yang lebar lebih nyaman dipakai saat presentasi,” ungkap dia.
Pada Note 10, pabrikan asal Korea Selatan ini memangkas resolusi kamera, dari yang 8mp di Note II, menjadi 5 MP di Note 10. kebijakan sama juga diberlakukan pada layar. Note 10 hanya dilengkapi dengan layar jenis PLS TFT.
“Editing office di Note 10 lebih lengkap ketimbang Note 10. Cocok untuk mendukung aktivitas kerja yang berhubungan dengan office,” imbuh dia.
Sedangkan untuk seri terbaru, Note 8, Samsung mencoba menghadirkan smartphone kelas middle. Bidikannya adalah pengguna tab yang ingin memiliki Note tetapi budget terbatas.
Untuk produk yang baru diluncurkan sekitar April lalu ini, Samsung memasang harga sekitar Rp 5,5 jutaan, atau lebih murah ketimbang dua pendahulunya. Pemangkasan spesifikasi paling terlihat jelas ada pada kamera.
“Kamera pada Note 8 resolusinya 5 MP tanpa lampu flash. Untuk kamera depan hanya 1,3 MP. Paling rendah diantara Note II maupun 10,” ungkap dia.
Kendati membidik segmen menengah, namun Samsung menanamkan cukup banyak spesifikasi mumpuni pada Note 8. Smartphone yang memiliki dimensi 135,9x210,8x7,95 mm ini dilengkapi dengan kemampuan multi windows sehingga pengguna bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar.
Aplikasi lain yang terangkum dalam Note 8 antara lain S Note yang bisa digunakan untuk membuat scrapbook portable dengan bantuan stylus (S Pen), ada juga S Planner yang bisa dibuat lebih atraktif dengan menggunakan S Pen. (fia)