Si Kembar Beda Kasta

MALANG – Nama Samsung di pasar gadget tanah air memang sudah tak diragukan lagi. Berbagai produk seluler besutan vendor asal Korea Selatan ini seringkali merajai penjualan di kelasnya. Namun kebesaran Samsung sedikit demi sedikit mulai terusik dengan kehadiran brand Lenovo. Ancaman ini semakin kuat saat keduanya merilis ponsel jumbo yang memiliki spesifikasi sangat mirip. Beberapa waktu lalu secara bersamaan, Samsung dan Lenovo menghadirkan ponsel dual SIM dengan layar 5 inci dan berprosesor dual core. Samsung menampilkan Galaxy Grand Duos, sementara Lenovo menyajikan S890. Customer Service Okeshop MX Mall, Annisa Putri mengatakan, dengan spesifikasi yang hampir sama, user banyak yang menjatuhkan pilihannya pada Lenovo S890 daripada Samsung Galaxy Grand Duos.
“Alasannya tentu saja faktor harga. Galaxy Grand Duos dibanderol dengan harga Rp 3,99 juta, sementara S890 hanya Rp 2,69 juta. Selisih yang cukup tinggi apalagi spesifikasi keduanya tak begitu berbeda,” ungkap Annisa, panggilannya pada Malang Post, kemarin. Meski memiliki ukuran layar yang sama, namun jika ditilik lebih detail, dikatakannya, Lenovo S890 sebenarnya lebih unggul dibandingkan Galaxy Grand Duos. “Layar Lenovo S890 sudah menggunakan teknologi IPS yang memiliki sudut pandang lebih baik dan tingkat kecerahan lebih tinggi serta resolusi 540 x 960 piksel. Sementara sang pesaing yang dibanderol dengan harga jauh lebih tinggi masih menggunakan layar TFT dan resolusi yang lebih rendah, 480 x 800 piksel,” ungkap dia.
Namun soal kamera dan memori, Galaxy Grand Duos boleh berbangga hati. Untuk urusan ini, ponsel besutan Samsung tersebut menang daripada gacoan Lenovo. Jika memori internal Lenovo S890 mencapai 4 GB, maka user Galaxy Grand Duos lebih leluasa menyimpan banyak data mengingat memori internal mencapai 8 GB. Ruang penyimpanan sebesar ini masih bisa diupgrade hingga 64 GB, sedangkan S890 harus puas dengan 32 GB. “Pada fitur kamera, keduanya memang sudah menanamkan resolusi 8 megapiksel. Namun ketika hasilnya dibandingkan, lagi-lagi Samsung yang berhak menjadi juara. Tak hanya itu, pada hasil jepretan kamera depan, Galaxy Grand Duos juga tampil lebih menawan dengan resolusi 2 megapiksel, sementara S890 hanya menggunakan kamera VGA,” pungkas alumni SMA Islam Malang ini. (nda/mar)