Koneksi 3G, Asus Nexus 7 kian dilirik masyarakat

MALANG – Satu lagi tablet dengan koneksi 3G diluncurkan. Yakni Nexus 7 3G. Tablet 7 inch besutan Asus ini sontak mendapat respon dari masyarakat. Itu karena tablet ini memiliki performa dan teknologi terbaik di kelasnya.
Kisno, Marketing Andro IT Store, Malang Town Square (Matos) menjelaskan, Asus Nexus 7 3G ini merupakan produk kedua dari Asus di seri Nexux 7. Sebelumnya, Asus mengeluarkan Nexus 7.  Seri ini cukup mendapat perhatian lebih dari masyatakat lantaran dibundling penuh oleh Google.
Namun begitu, secara market Nexus 7 tidak ada gebrakan. Alasan itulah kemudian Asus mengenalkan Nexus 7 3G sebagai generasi kedua Nexus 7. Berbeda dengan generasi pertama, generasi kedua ini justru dilirik masyarakat. Bahkan di Malang, penjualan Nexus 7 3G ini cukup banyak.
“Secara desain sebetulnya tidak ada perbedaan antara Nexus 7 dengan Nexus 7 3G, keduanya merupakan tablet dengan layar 7 inch, yang mengusung layar LCD berteknologi IPS,’’ terang Kisno.
IPS itu sendiri merupakan teknologi layar yang membuat gambar menjadi terlihat sangat natural. 1280 x 800 beresolusi tinggi ditambah pelindung anti gores Corning Gorilla Glass. Video berkualitas HD menjadi lebih hidup, dan grafis game menjadi lebih halus dan dinamis.
Sementara untuk dapur pacu, kedua tablet ini juga memiliki mesin yang sama, yaitu keduanya sama-sama dimotori dengan prosesor quadcore ARM Cortex A9, 1.3 GHz. Keduanya juga mendapatkan dukungan grafis dari N-Vidia, untuk menciptakan tampilan kian oke.
“Secara performa memang sama, termasuk RAM, keduanya menggunakan memori RAM 1 GB, serta ROM 32 GB,’’ tambah Kisno.
Perubahan mencolok antara Nexus 7 dengan Nexus 7 3G adalah Nexus 7 3G hadir dengan koneksi HSDPA. Dengan koneksi tersebut pengguna tidak perlu mencari Hot-Spot Wi-Fi untuk tersambung ke jaringan internet. Karena dengan teknologi HSDPA pengguna dapat tersambung internet kapan saja dan dimana saja. Nexus 7 3G hadir dengan semua aplikasi Google favorit seperti Gmail, Chrome, Google+, dan YouTube. Aplikasi terbaik Google bisa didapatkan dalam genggaman tangan. Mudah digunakan, segalanya akan secara otomatis melakukan sinkronisasi pada tablet, telpon dan komputer.
“Dengan penyimpanan Cloud berkapasitas besar, Google Nexus 7 3G membawa teknologi terbaik Google dalam satu perangkat sederhana yang indah,’’ kata pria ini.
Dan yang membuat tablet ini banyak diminati adalah adanya slot memory pada tablet. Sehingga tidak sekadar digunakan sebagai alat browser, tapi juga dapat diandalkan dalam berkomunikasi. “Dengan koneksi 3G, tablet ini dapat digunakan untuk telepon dan SMS,’’ ungkapnya.
Kisno juga menambahkan, tablet ini memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Bahkan, untuk digunakan aktif baterai Nexus 7 3G ini bisa bertahan hingga 9.5 jam. “Semua fitur di dalam tablet itu kian menarik dengan dukungan operating sistem Android 4.1 Jelly Bean. Secara tampilan tentu lebih menarik, termasuk seluruh kinerjanya juga pasti lebih cepat,’’ tandasnya.(vik/fia)