Telkomsel Siapkan 15 Ribu BTS di 2013

MALANG POST  - Operator seluler terbesar Indonesia, Telkomsel berencana membangun 15 ribu BTS pada tahun 2013. Untuk di wilayah Jabar sendiri akan dibangun sebanyak 1.361 BTS dimana 70% di antaranya merupakan BTS 3G dan 30% sisanya BTS 2G. Hal itu disampaikan Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel dalam acara media gathering di rumah makan Ma Uneh, Jalan Taman Pramuka, Bandung, Selasa (28/5).
Adita menuturkan, Telkomsel yang mencatatkan pendapatan Rp 16 triliun di tahun 2012 bakal meningkatkan pelayanan pada para pelanggan. Di antaranya dengan membangun BTS sehingga layanan telekomunikasi semakin baik. "Sebagian pendapatan akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur. Tahun 2013 ini kami akan menambah 15 ribu BTS di seluruh Indonesia. Rata-rata dalam sebulan kami akan bangun seribu BTS," ujar Dita.
Ia menuturkan, Telkomsel yang telah berusia 18 tahun dan menjadi operator seluler terbesar ke-6 di dunia akan tetap fokus menggarap jasa layanan telekomunikasi. "Kami akan berusaha untuk terus memenangkan terus industri ini. Namun kami belum berencana melakukan ekspansi keluar negeri karena melihat banyaknya peluang yang belum kami manfaatkan dengan optimal di Indonesia sendiri," tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Iswandi selaku Head of Telkomsel ICT Network Management Jawa Barat Division menambahkan, dari 15 ribu BTS yang akan dibangun tersebut sebanyak 1.361 di antaranya akan dibangun di Jabar. "Porsi untuk Jabar dinilai cukup karena dari angka 15 ribu BTS yang akan dibangun akan disebar di 10 regional. Untuk daerah-daerah di luar Jawa, seperti Kalimantan memang ada push yang lebih untuk pembangunan BTS," jelasnya.
Dari catatan sepanjang tahun 2012 Telkomsel telah menggelar lebih dari 11.675 BTS 3G sehingga menggenapkan jumlah BTS 3G Telkomsel menjadi 15 ribu unit lebih. Saat ini total Telkomsel memiliki sekitar 54.297 BTS di seluruh wilayah Indonesia. (dtc/nda)