Aplikasi Hip Store pengganti Instalous

MALANG – Hip Store merupakan sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan pengguna Apple melakukan download. Belakangan aplikasi ini banyak diunduh, seiring dengan menghilangnya aplikasi serupa yaitu Instalous dari jaringan gadget bernama Apple tersebut. Andik Kristanto, salah satu pengguna aplikasi Hip Store mengaku banyak menemukan keuntungan dengan aplikasi ini. Itu karena banyak kemudahan yang didapatkan dari aplikasi tersebut. “Jika sebelumnya kami mengandalkan aplikasi intaulous untuk melakukan download, namun sekarang instalous sudah tidak ada, dan penggantinya adalah Hip Store ini,’’ kata Andik.
Berdasarkan penggunaan, Andik mengaku beraktifitas dengan Hip Store cenderung lebih mudah, dibandingkan dengan beraktifitas menggunakan aplikasi download lainnya. Termasuk Instalous. Itu karena aplikasi ini merupakan aplikasi lokal, dengan bahasa  yang mudah diterjemahkan. Dia pun tidak sekedar ngomong, dia langsung mencontohkan kepada Malang Post untuk mendownload game. Dengan Hip Store, game pilihan langsung dapat diinstal dengan satu kali perintah saja. “Aplikais ini berasal dari negara Vietnal, lokal Asia. Dan untuk di kalangan Asia aplikasi ini sangat memudahkan kami,’’ katanya.
Bukan itu saja, untuk mendowload aplikasi lain, pengguna Apple tidak hanya bisa masuk melalui Hipstore saja, namun bisa membukanya melalui Safari. “Ini salah satu kemudahannya, karena untuk melakukan download tidak perlu lagi dengan membuka Hip Store tapi bisa langsung ke Safari, yang notabene sudah ada di produk Apple, baik itu iPhone, iPad, ataupun iPod,’’ katanya.
Untuk mendapatkan aplikasi Hip Store, pengguna tidak perlu membayar apapun. Itu karena aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Menurut pria yang juga pemilik Rolland Cell Malang Plaza ini mengatakan pengguna hanya perlu masuk pada aplikasi cydia, kemudian melakukan manage source dan menekan tombol edit. Selanjutnya, pengguna menekan tombol add untuk masuk ke situs http://cydia.heaveniphone.com. “Setelah masuk ke situs, baru kemudian pengguna menekan tombol add dan install, dan kemudian mendownload sourcenya,’’ kata Andilk. Setelah semua itu dilakukan pengguna kemudian masuk ke Heaven Iphone, dan install Hip Store. Setelah dilakukan penginstalan, akan ada restat  atau spring board. Dan setelah itu Hip Store dapat digunakan.  “Aplikasi ini merupakan salah satu dari lima aplikasi terbaik Apple dalam hal download. Kepada pengguna Apple silahkan mencoba,’’ tandasnya.(vik)