Murah tapi tidak murahan

MALANG – Maraknya penjualan tablet di pasar gadget membuat banyak pabrikan elektronik untuk terus memproduksi. Tidak terkecuali Orion. Pabrikan lokal inipun mengeluarkan beberapa tipe tablet untuk dijual dipasaran. Salah satu tablet produk Orion  yang dipasarkan adalah iTab. Seperti pabrikan lokal pada umumnya, Orion mengusung layar 7 inch pada iTab. Sekalipun sama dengan produk lokal pada umumnya yang mengusung layar 7 inch, tapi tampilan  iTab berbeda. Itu karena LCD dengan tipe capacitive touch screen ini terlihat lebih jernih dan tajam, lantaran mengusung resolusi 1024x600 pixel.  “resolusi layar 1024X600 dipasang pada tablet bermerek, dan harganya sangat mahal, tapi dengan iTab layar jernih serta tajam itu bisa dibeli dengan harga murah,’’ kata marketing Sentral Mobile Shop (SMS) Grosir Malang Plaza Puji Lestari kemarin sambil mengatakan iTab ini dijual dengan harga Rp 1.5 juta saja.
Tablet ini juga tidak hanya berfungsi sebagai media browsing, namun pengguna juga dapat menggunakan tablet ini sebagai alat berkomunikasi seperti telepon maupun SMS. Itu karena dalam tablet ini juga terselid dua slot kartu memory dengan jaringan GSM-GSM.  Orion juga menyediakan chanel TV analog pada tablet yang memiliki ukuran 198X12.4X11mm ini. Dengan kata lain, pengguna iTab pun tidak perlu kawatir ketinggalan program-program televise kesayangannya, lantaran program-program televise ini dapat dilihat dimana saja.
Tentu saja, dengan teknologi serta fitur yang cukup lengkap Orion pun tidak main-main dengan mesin iTab. Menurut Puji iTab menggunakan prosesor dual core berkecepatan 1 GHz dan didukung dengan RAM 512. Menggunakan tenaga tersebut, tentu saja pengguna tidak akan menemukan kata lemot pada tablet ini, alias seluruh aplikasi yang ada dalam tablet tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa tersendat. Sayangnya, untuk media penyimpanan iTab tidak menyediakan kapasitas yang besar, tapi hanya 4 GB saja. Namun begitu, Orion sendiri tidak pasif dan memberikan keleluasaan pengguna untuk melakukan perluasan, dengan adanya slot memory card pada tablet. “Untuk penyimpanannya bisa ditambah hingga 32 GB. Cukup besar, dan pengguna bisa leluasa menyimpan berbagai file di dalamnya,’’ kata Puji yang mengatakan, iTab tampil dengan operating sistem android terbaru yaitu 4.1 Jelly Bean. Dengan android tersebut  tampilan iTab pun semakin apik.
Puji juga mengatakan, iTab semakin meninggalkan teman-temannya sesame tablet lokal, lantaran Orian membekalinya dengan baterai berkapasitas 3500 mAh. Dengan baterai tersebut, pengguna tidak perlu kawatir dengan kondisi baterai. “Jika tablet lokal masih bermain dengan baterai berkapasitas paling besar 2500 mAh, tapi ini sudah 3500 mAh. Sudah tentu daya tahannya pun lebih lama,’’ tambah Puji.
Sementara fitur lain yang terdapat pada tablet ini diantarannya kamera.  Ada dua kamera disematkan Orion pada iTab. Yaitu kamera utama dengan lensa 8 MP, sedangkan untuk kamera bagian depan Orion menanamkan lensa 0.3 MP.  Selain bisa digunakan untuk memoto, kamera juga dapat digunakan mengeksekusi gambar video. Tablet ini makin lengkap dengan amunisi multimedia dengan kehadiran radio FM, Analog TV dan GPS. Sedangkan untuk akses data, iTab juga sudah dilengkapi dengan WiFi serta Bluetooth.(vik)