Anti Nyasar dengan Lumia 720

MALANG – Sedikitnya ada dua fitur baru, yang disematkan Nokia pada ponsel Lumia 720. Yakni HERE City Lens dan Live Sight. Dua fitur tersebut menjadi andalan Nokia yang memang unggul dalam aplikasi perpetaan digital untuk menjual produk Lumia 720. Promoter Nokia, Wahyu Swasono menjelaskan, fitur Here City Lens bisa dibilang melengkapi fitur HERE Maps yang sudah ada lebih awal dan HERE Drive yang masih dalam bentuk Beta, pada beberapa produk seri Lumia.
Fitur ini merupakan software yang memanfaatkan teknologi digital augmented reality yang mampu memberi informasi tempat terdekat di sekeliling penggunanya dengan memanfaatkan aplikasi kamera.
“Menggunakan fitur ini, pengguna tidak akan kesasar meski tidak bertanya kepada siapapun,’’ pamer Wahyu.
Wahyu juga menjelaskan semua fitur tersebut bekerja dengan hanya mengarahkan kamera pada objek di depan penggunanya. Sangat mudah, dan saat itu dilakukan, maka informasi mengenai hotel, stasiun, restoran, gedung, mal, toko, ATM, masjid, sekolah, pom bensin, jembatan, danau dan informasi lainnya yang berada di dekat pengguna bermunculan di dalam tubuh objek yang disorot. Informasi muncul berupa teks dilengkapi gambar dan jarak tempuh ke objek yang dituju.
“Inilah kehebatan Nokia dibandingkan dengan lainnya,’’ kata Wahyu sambil tersenyum. Dan pengguna bisa langsung menuju ke salah satu tempat tersebut tanpa kesasar, karena pada layar ponsel langsung dijelaskan gambaran tempat hingga jarak tempuhnya.
Wahyu juga mengatakan HERE City Lens menjadi aplikasi Windows Phone 8 yang diperkenalkan belum lama ini di New York, Amerika Serikat, selain aplikasi PureView Camera. Pengguna tinggal mengunduh HERE City Lens di Nokia Lumia 720 yang sampai saat ini masih berstatus flagship alias yang terbaik untuk kelas Lumia. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline. Peta dan informasi detail dikembangkan Bing Maps milik Microsoft yang dulu bernama Live Search Maps, Windows Live Maps, atau Windows Live Local.
Fitur lain yang juga tertanam pada Nokia Lumia 720 adalah Live Sight. Berbeda dengan fitur HERE City Lens, fitur ini menggunakan aplikasi Nokia Inder Mas. Dan dengan fitur ini pengguna dapat mengetahui isi gedung yang dikunjungi.
“Contohnya kita masuk di Mall Tunjungan Plaza, dengan bantuan fitur ini kita akan mengetahui seluruh isi mall, temasuk outletnya,’’ katanya. Namun begitu Wahyu mengatakan, untuk fitur Live Sight ini baru di berlakukan di wilayah Jabodotabek, sedangkan untuk di Malang masih belum.
Wahyu menuturkan, Nokia Lumia 720 merupakan ponsel terbaru  besutan Nokia. Memiliki ukuran layar selebar 4.3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dan juga kerapatan hingga 217ppi. Pada layar tersebut menggunakan teknologi IPS LCD yang mendukung hingga 16 juta jenis warna. Ponsel ini lebih elegan, lantaran Nokia membenamkan pelindung berupa Corning Gorilla Glass 2 pada layar Lumia 720. Sehingga penggunanya tidak perlu lagi khawatir, karena layar ponsel ini dapat menahan berbagai goresan kecil.
Di sisi performa, Nokia Lumia 720 memiliki prosesor Dualcore Qualcomm MSM8227 yang memiliki kecepatan hingga 1GHz. Prosesor tersebut berjalan sempurna dengan dukungan GPU Adreno 305 untuk membantu interface.
“Nokia juga menyematkan RAM sebesar 512MB untuk membantu kinerja prosesor agar lebih bekerja maksimal,” tegasnya. Nokia Lumia 720 ini menggunakan operating sistem dari Microsoft yang terbaru, yaitu Windows Phone 8. (vik/fia)