Aplikasi TeamViewer, Tampilan Seperti iPad

MALANG –  Para pekerja yang kesehariannya tidak lepas dengan aktifitas komputer saat ini bisa berbangga hati. Itu karena pekerjaan yang diembannya tidak harus dikerjakan di depan layar komputer ataupun laptop. Solusinya adalah dengan mengaktifkan aplikasi TeamViewer pada gadget. Dengan aplikasi tersebut, semua data yang ada komputer dapat dibaca, melalui iOS maupun Android.  Customer Service Rolland Cell Malang Plasa, Mario Hamzah menerangkan TeamViewer merupakan  software untuk meremote komputer dari iOS ataupun Android.
Dijelaskan dia, meremote artinya pengguna aplikasi ini dapat mengontrol seluruh aktifitas komputer maupun laptop melalui gadget berbasis iOS maupun Android, sekalipun berada di tempat yang jauh.
“Contohnya user ingin mengerjakan sesuatu, namun datanya di laptop yang berada di rumah, sementara dia berada di luar kota. Dengan aplikasi ini, pengguna akan sangat dimudahkan, karena seluruh data di laptop tersebut dapat dilihap melalui gadget yang dibawanya,” terangnya.
Menurut Mario, langkah pertama untuk mengkoneksikan aplikasi TeamViewer antara laptop dengan gadget lain adalah, user harus lebih dulu melakukan download aplikasi tersebut, kemudian menginstalnya pada laptop. Saat aktifitas penginstalan tersebut sukses pengguna akan mendapatkan id berupa angka, dan password yang tersedia random.  Selanjutnya langkah kedua, pengguna juga melakukan hal yang sama pada gadget berbasis iOS maupun Android.
“Pada gadget yang terinstal pengguna juga akan mendapatkan ID juga password. Namun untuk mengkoneksikannya atau mengontrol laptop, pengguna hanya perlu memasukkan ID dari laptop pada gadget yang akan dipakai mengontorl. Jika ID yang dimasukkan tersebut valid, pengguna tinggal memasukkan password, selanjutnya tampilan pada layar laptop pun akan terlihat di gadget,” tambahnya. Dia menyebutkan aplikasi ini cukup ringan karena hanya berkapasitas 5 megabite, dan aplikasi ini dapat di download secara gratis melalui App Store.
Mario juga menambahkan, untuk bisa melakukan control, kedua gadgets tersebut harus sama-sama hidup dan terkoneksi internet. “Biasanya yang menggunakan aplikasi ini adalah user yang suka atau gemar melakukan download. Kan kalau download waktunya lama, pengguna bisa meninggalkan laptop yang sedang melakukan aktifitas download, namun tetap memantau dengan gadgets lainnya, dan seakan-akan pengguna berada di depan laptop tersebut,’’ katanya sembari mengatakan selain iOS dan Android aplikasi ini juga mendukung platform Windows dan  Linux. (vik/mar)