Gadgeter Terpelajar Pilih iPhone

PENGGUNA Android memang lebih banyak dari user iPhone. Namun bila dibandingkan dengan perangkat Android yang diminati berbagai pengguna, iPhone dilaporkan lebih banyak dipilih oleh kalangan yang sudah mapan dan terpelajar.
Survei yang dilakukan pusat riset Pew Research Center dan diikuti sekitar 2225 pengguna smartphone di Amerika Serikat mengungkap bahwa tingkat pendidikan dan besarnya penghasilan mempengaruhi pemilihan sebuah smartphone.
Survei ini mengungkap 49 persen  pengguna smartphone berpenghasilan di atas USD 150 ribu per tahun rata-rata pernah menggunakan perangkat iPhone untuk menemani aktivitasnya.
Sedangkan 40 persen pengguna smartphone yang penghasilan per tahunnya USD 75 ribu hingga USD 150 ribu mengandalkan iPhone sebagai penunjang aktivitasnya. Sebagai perbandingan, jumlah pengguna Android dalam rentang penghasilan yang sama berada di kisaran 27 persen dan 31 persen.
Makin kecil jumlah penghasilan, semakin rendah pula kemungkinan pengguna smartphone memilih iPhone. Dan tidak hanya besarnya penghasilan, ternyata tingkat pendidikan juga dapat mempengaruhi pengguna smartphone.
Survei tersebut turut menguak bahwa 38 persen pengguna smartphone yang memiliki pendidikan S1 ataupun S2 memilih menggunakan perangkat iPhone untuk kesehariannya. Sedangkan 29 persen memilih perangkat Android. Adapun pengguna smartphone yang baru lulus SMA, 25 persen lebih mengandalkan perangkat Android. (red)