Empat Tab Lokal Bersaing Ketat

MALANG – Empat produk tablet lokal bersaing di pasar gadget Malang Raya. Yaitu Venera Tab Claud 6, Vandroid T1-D, Beyond B-Tab 2 dan Mito t970. Empat produk tersebut memiliki ukuran layar yang sama, yaitu 7 inch.
Empat tablet ini juga dilengkapi dengan fitur voice call serta SMS, lantaran terdapat slot sim card di dalamnya.  Keempat tablet ini juga mengusung jaringan dua Sim GSM+GSM. Dan yang jelasm empat tablet ini juga mengusung platform yang sama, yaitu Android 4.0 (ice cream sandwich). Namun begitu, ada kelebihan dan kekurangan yang tersimpan pada empat produk ini. Seperti apa kelebihan dan kekurangan empat produk tablet tersebut, berikut ulasannya.
Ukuran layar memang boleh dibilang sama. Karena keempatnya memiliki ukuran layar 7 inch. Namun dari empat tablet ini,  layar paling tajam dan jernih bisa jadi dimiliki oleh Vandroid T1-D. Itu karena tablet ini telah mengusung layar 7 Inci TFT Touch Panel Capacitive, 1024 x 600 pixel. Sedangkan tiga competitor lainnya, masih mengusung layar 7 inch WVGA Capacitive touch screen dengan resolusi 800X480 pixel.  Hanya Beyond B-Tab2 yang mengusung multi touch point, yang artinya layar tablet ini dapat disentuh dengan lima jari sekaligus.
Untuk performanya, empat tablet ini tidak jauh berbeda.  Sebut  saja Venera Tab Cloud   menggunakan prosesor dual core dengan kecepatan 1 GHZ. Prosesor bisa bekerja secara maksimal dengan dukungan memori RAM 512. Sedangkan untuk Beyond B-Tab2  juga menggunakan p rosesor Cortex A9 1,2 GHz. Sementara untuk dua tablet lainnya, selain prosesor dual core dengan kecepatan 1 GHz, keduanya juga dilengkapi dengan GPU bertipe PowerVR  SGX 531. Gabungan prosesor dengan GPU yang tertanam pada Vandroid T1D dan Mito t970 ini, maka tablet ini tidak hanya bisa digunakan untuk aktifitas membuka data, namun tablet ini juga sangat handal saat digunakan bermain game kelas berat sekalipun.
“Empat tablet ini mengusung memori internal yang sama, yaitu 4 GB, dan memory keempatnya juga dapat diperluas hingga 32 GB,’’ kata marketing Sinta Cell Malang Paza, Danis Frismaningrum, yang juga mengatakan empat tablet ini juga mengusung dua kamera, dengan resolusi lensa yang sama.
Yang paling membedakan antara keempatnya adalah baterai. Venera membekali Tab Cloud 6  dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Baterai ini diklaim bisa membuat tablet tersebut bertahan hidup hingga 10 Jam untuk kondisi standby, dan 4 Jam untuk kondisi hidup. Beyond juga menanamkan baterai dengan kapasitas yang sama, yaitu 4000 mAh. Sementara dua tablet lainnya yaitu untuk Vandroid T1D dan Mito t970 hanya mendapatkan baterai 3000 mAh. Namun begitu, baterai tersebut cukup untuk melakukan berbagai aktifitas.
“Charger portable cukup membantu untuk melakukan pengisian baterai Vandroid T1D dan Mito t970. Sehingga masalah baterai tidak perlu dipersoalkan,’’ tambah Denis.
Sementara untuk fitur tambahan lainnya, Venera Tab Claud 6 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1+EDR, Audio/Video Record, MP3/WAV/ MPEG-4, GPRS/WAP/MMS, TV Analog dan FM Radio. Sedangkan untuk Beyond B-Tab  Wifi/Micro USB/audio jack 3,5mm, 3D G sensor/mp3/mp4.
Untuk spesifikasi Vandroid T1D GSM 900/1800 MHz; UMTS 2100 MHz, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0+EDR, kabel data micro USB, HSDPA/ WCDMA /3G, 3G,
HTML, EV; Self Timer; Anti Flicker; Scene Mode; Color Effect (Mono, Sepia, Negative, Sepia Blue, None) ; White Balance (Auto, Incandescent, Daylight, Fluorescent, Cloudy); Capture Mode ( Face Beauty, Auto Scene Detect, Smile Shot, 4 Shots, Normal)
Video Call/Video Chat, AAC, M4A, MP3, OGG dan WAV; Video: 3gp, MP4, radio FM
Sementara untuk spesifikasi Mito T970 mensupport network GSM 900/1800, dual on GSM+GSM, GPRS/EDGE, WiFi, MP3/MP4, TV Analog, FM Radio.(vik/fia)