Member Instagram Beralih ke Path

MALANG – Beberapa tahun terakhir instagram menjadi aplikasi favorit para pecinta fotografi. Banyak foto diupload melalui media tersebut. Namun begitu, kejayaan aplikasi ini sedikit memudar seiring layanan yang di oleh perusahaan Burbn.Ich ini tidak menjadi layanan premium, lantaran sudah dapat diakses menggunakan berbagai smartphone. Banyak pengguna instagram pun beralih ke aplikasi-aplikasi lain, salah satunya Path.
Wisnu Triadi pengguna instagram mengatakan memilih beralih pada Path lantaran dinilai aplikasi ini lebih private dibandingkan instagram yang  memiliki kemampuan  atau memberikan kebebasan para pengguna untuk melihat hasil foto tanpa ada batasan.
“Path merupakan aplikasi yang private karena hanya bisa diakses untuk 25 anggota saja. Sedangkan instagram, aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh orang, mereka juga bisa memberikan komentar hasil foto yang terupload sekalipun tidak saling mengenal, ataupun tidak memiliki hubungan pertemanan,’’ kata Wisnu.
Supervisor Global AAR ini menjelaskan, sebetulnya antara instagram dan Path tidak ada perbedaan. Keduanya merupakan wadah untuk melakukan sharing foto. Dan belakangan instagram sendiri ini juga banyak digunakan para dokter untuk sharing foto yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Namun begitu, lantaran aplikasi ini sudah umum digunakan, pemegang iPhone 5 inipun beralih ke aplikasi Path.  
“Sebelumnya aplikasi ini hanya digunakan untuk mengguna Apple, namun sejak tahun 2012 lalu, aplikasi ini sudah bisa diakses melalui platform lain seperti android, Blackberry maupun windows phone, dan ini yang menjadikan aplikasi ini tidak lagi premium, serta mengurangi privasi para penggunanya,’’ urainya.
Senada Jefri Gigih mengatakan, dirinya tidak lagi aktif menggunakan aplikasi instagram dan memilih Path sebagai alternatifnya. Menurutnya, istagram saat ini tidak lagi exclusive lantaran banyak yang dapat mengakses. “instagram merupakan aplikasi untuk menampilkan foto secara kilat ke beberapa media social, dengan hasil yang luar biasa. Namun karena saat ini sudah banyak yang menggunakan, maka aplikasi ini sudah tidak lagi wah,’’ tandas pria yang menggunakan iPhone 4s ini. (vik/fia)