Galaxy S4 Ancam Xperia Z

MALANG – Kejayaan Sony Xperia Z terancam memudar seiring dengan hadirnya Samsung Galaxy S4 Active. Itu seiring dengan tertanamnya teknologi anti air dan anti debu, pada produk Samsung Galaxy S4 Active seperti yang tertanam pada Sony Xperia Z.
Beberapa konter atau gerai yang menjual produk Samsung pun mengatakan, jika Samsung Galaxy S4 Active ini akan banyak dilirik masyarakat, seperti dengan adiknya Samsung Galaxy S4.
“Kalau melihat spesifikasinya, memang keduanya hampir sama, namun untuk pasar Samsung lebih menjual,’’ kata Team Leader Erafone Ari Kurnianto kepada Malang Post kemarin.
Memang Ari tidak bisa banyak menjelaskan tentang produk Samsung Galaxy S4 Active, lantaran produk tersebut belum ada di gerainya. Namun dari spesifikasi yang dibacanya di portal berita, Ari meyakini jika produk ini banyak diminati.
“Ini merupakan ponsel yang menggunakan teknologi tahan air dan tahan debu pertama yang diciptakan Samsung untuk sasaran high end,’’ jelasnya, sembari mengatakan dengan sertifikasi IP67 yang dimiliki,  Samsung mengklaim Galaxy S4 Active ini akan sanggup terendam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.
Sementara untuk mesinnya, Galaxy S4 diketahui dipersenjatai prosesor quad core Snapdragon S600 dengan kecepatan clock 1,9 GHz, sedang Xperia Z cukup dengan prosesor quad core 'Krait' dengan kecepatan clock 1,5 GHz.
“Untuk kecepatan membuka data, Samsung Galaxy S4 pasti lebih unggul, dengan prosesor tersebut,’’ tambah pria asal Surabaya ini.
Ari hanya menyebutkan kekalahan Samsung Galaxy S4 Active hanya pada segi kamera. Itu karena Galaxy S4 Active hanya dibekali kemampuan kamera 8 MP. Sedangkan untuk Xperia Z, Sony menanam lensa beresolusi 13,1 MP. Sehingga kualitas kualitas foto Xperia Z pun lebih unggul.
“Spesifikasi kuncinya, selain prosesor dan kamera yang tertanam, keduanya memiliki kapasitas RAM yang sama yaitu 2 GB, memori internal 16 GB, keduanya juga mengusung platform android 4.1 Jelly Bean, layar 5 inch, Samsung Galaxy S4 Active dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan Bravia Engine 2. Samsung Galaxy S4 Active dibekali baterai berkapasitas 2600 mAh, sedangkan Sony Xperia Z dibekali dengan baterai berkapasitas 2330 mAh,’’ tandasnya.(vik/fia)