Vandroid T5-A Tampil ala iPad Mini

MALANG –  Pesona produk Apple seolah menjadi kiblat di dunia gadget. Sengaja atau tidak, banyak produsen gadget yang menciptakan produk dengan desain mirip koleksi Apple. Vandroid T5-A misalnya, tablet besutan Advan berlayar 8 inci ini memiliki bentuk yang mirip dengan iPad mini yang juga memiliki ukuran layar 8 inci.
Desain Vandroid T5-A, betul-betul mirip Apple iPad mini. Casing yang terbuat dari material plastic dengan dua pilihan warna putih dan hitam terlihat cukup slim. Sentuhan eksklusif dengan finishing yang sangat halus terlihat jelas pada body tablet.
Tablet yang mulai dikenalkan kepada masyarakat pada kuartal kedua 2013 ini tidak hanya memiliki layar yang lebih luas. Namun produsen juga menanamkan mesin yang handal hingga membuat Vandroid T5-A mampu beraktifitas dengan cepat serta handal. “Prosesor yang ditanam berbeda dengan produk Vandroid lainnya, karena prosesornya sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon S4 Dual Core dengan kecepatan 1 GHz. Prosesor ini sama seperti yang ditanam pada produk-produk brand terkenal,’’ kata Marketing Juragan Tablet Arif Effendi, sambil menambahkan prosesor dual core berkecepatan 1 GHz tersebut berjalan sangat sempurna dengan dukungan RAM 512.  “Pengguna akan mendapatkan sensasi mobile experience saat beraktifitas dengan tablet ini,’’ tambah Arif.
Saat peluncuran pertamanya dulu di Jakarta, Arif menyebutkan jika tablet ini dijuluki si Powerful Tablet & Ultim8 Screen. Julukan itu bukan sekadar nama, namun karena kinerja tablet ini yang betul-betul sangat handal.
“Silahkan dirasakan sendiri perbedaannya, prosesor yang ditanam ini betul-betul luar biasa,’’ kata Arif yang mengatakan meskipun produk ini mendapat sokongan mesin yang handal, harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 1.6 juta.
Selain itu, tablet ini juga memiliki andalan lain. Yaitu bisa thetring, atau memancarkan WiFi. Tak pelak, dengan tablet ini pengguna bisa berinternet ria rame-rame. “Untuk thetring sendiri maksimal digunakan dengan lima gadget, ponsel atau tablet, laptop juga bisa,’’ kata Arif.
Selain tiga unggulan tersebut, Vandroid T5-A ini tidak berbeda dengan Vandroid generasi sebelumnya. Sebut saja operating sistem yang digunakan. Menurut Arif, platform yang digunakan pada Vandroid T5-A ini merupakan platform Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), yang nota bene menyediakan berbagai varian aplikasi menarik.
Tampilan layar pada Vandroid T5-A juga tidak berbeda dengan generasi sebelumnya.  Advan menanam layar 8 inch dengan tipe capacitive touch screen beresolusi 1024X768 pixel.  Tablet ini juga dilengkapi dengan dua kamera depan dan belakang.
“Ada kapasitas penyimpanan internal 4 GB, yang bisa diperluas hingga 32 GB menggunakan micro SD,’’ urai Arif yang menambahkan aktifitas tablet ini berjalan dengan dukungan baterai berkapasitas 3500 mAh..
Untuk fitur lain pada tablet ini, Wi-Fi 802.11 b/g/n, bluetooth, kabel data USB, Transfer data dengan GPRS, EDGE, HSDPA, 3G, Google Play Store, Gmail, Google Maps, YouTube, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, GPS.
“Tablet ini juga memiliki fitur  call dan SMS, yang artinya selain bisa digunakan menjelajah internet, tablet ini juga dapat digunakan untuk telepon dan SMS,’’ tandas Arif.(vik/fia)