Samsung Segera Rilis Galaxy S4 Berteknologi 4G

SAMSUNG akan mulai melepas varian smartphone Galaxy S4 ke pasar. Rencananya, varian Galaxy S4 yang akan dipasarkan itu sudah menggunakan teknologi 4G yang mampu mengirimkan data hampir dua kali lebih cepat dari kecepatan normal.
Co-chief Executive Samsung, JK Shin mengatakan bahwa ponsel Galaxy S4 dengan teknologi 4G akan mulai dijual di Korea Selatan pada awal bulan ini. Di samping itu, Samsung juga tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa operator seluler di berbagai negara  untuk menjual ponsel berteknologi 4G itu. "Kami akan menjadi yang pertama meluncurkan smartphone versi 4G," kata Shin.
Seperti diberitakan Telegraph, Senin (17/6), Galaxy S4 yang baru akan menggunakan teknologi LTE-Advanced 4G, hasil upgrade dari 4G konvensional yang disebut LTE, atau long term evolution. Dengan didukung chip Qualcpmm, LTE-Advanced menawarkan transmisi data hingga dua kali kecepatan 4G normal.
Dengan teknologi 4G, mengunduh film yang biasanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga menit, bisa dipersingkat jadi kurang dari semenit.  Tapi, tentu saja harga Galaxy S4 berteknologi 4G lebih mahal dibanding versi yang sudah ada saat ini.
Sebelumnya, saham Samsung anjlok dengan nilai hampir USD 20 miliar, menyusul perkiraan analis tentang menurunnya angka penjualan Galaxy S4. Namun Shin menegaskan bahwa penjualan S4 tetap yang terkuat. Bahkan angka penjualan S4 melebihi S III.
Dengan teknologi LTE-Advanced baru (4G) pada Galaxy S4, raksasa teknologi Korea Selatan itu merasa yakin akan mengeruk laba besar. "Sebagai operator, kami berusaha untuk menyediakan lebih banyak data-sentris layanan mobile, saya pikir ini akan menjadi mainstream teknologi 4G secara global di tahun-tahun mendatang," jelas Shin. (nam/jpnn/nda)