Bebas Area Blank Spot Jaringan 2G

MALANG POST – Menjelang bulan ramadan dan berlanjut ke masa mudik lebaran, PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan modernisasi jaringan. Mulai dari berbagai perbaikan desain, penggantian perangkat hingga optimalisasi jaringan. Hal ini dilakukan agar pada saat kenaikan traffic, tidak terjadi gangguan.
Vice President Project Management PT XL Axiata Tbk., Agus P Simorangkir mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir pihaknya terus melakukan perbaikan untuk mendapatkan hasil maksimal tersebut. "Ada lonjakan traffic sellular, jika tahun lalu penggunaan sellular hanya cukup dengan 60 Terabytes, tahun ini mencapai 180 Terabytes. Ada kenaikan lebih dari 300 persen. Namun kami sudah siap, karena layanan kami yang terbaik," katanya usai mengunjungi fasilitas Base Transceiver Station (BTS) XL di Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kemarin.
Ia menambahkan jika kesehariannya XL melayani traffic percakapan hingga 600 juta per menit, dan SMS hingga 750 juta SMS, maka pada saat ramadan hingga lebaran nanti akan terjadi lonjakan traffic hingga 20-30 persen. Agus mengaku, kesiapan itu dibuktikan juga dengan tidak adanya area blank spot untuk jaringan 2G.
"Untuk jaringan 2G  tidak ada masalah. Kami sudah melakukan pengecekan dari Jawa Tengah, area perbatasan hingga Jawa Timur, dan tidak menemukan area blankspot untuk jaringan 2G. Namun untuk jaringan 3G memang masih ada beberapa tempat yang blank," urainya.
Kendati begitu bukan berarti pelanggan tidak bisa melakukan layanan internet. Dengan modernisasi jaringan yang sudah dilakukan, XL pelanggan tetap bisa melakukan aktifitas internet. Bahkan, pelanggan juga akan bisa leluasa untuk memanfaatkan layanan-layanan baru tersebut sekalipun signal 3G lemah. "Kami sudah menggunakan  teknologi over IP (internet protocol). Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan kecepatan mengakses data," katanya lagi.
Sementara itu Direktur Service Managemen XL Ongki Kurniawan juga menjelaskan berbagai layanan XL yang baru saja dirilis. Diantaranya layanan e-payment XL Tunai, XL nonton, XL karaoke, dan lainnya. Untuk layanan XL tunai kemarin juga sempat didemonstrasikan saat melakukan Net Rally 2013. Dalam perjalanan yang diikuti oleh berbagai media massa se Indonesia, layanan e-payment ini dicoba.
"Layanan e-payment ini diberikan sebagai pengalaman kepada peserta untuk menggunakan layanan tersebut sebagai alat bayar di berbagai konter atau tempat belanja. Contohnya di Alfamart pengguna bisa melakukan pembayaran dengan e-payment ini. Pelanggan hanya perlu menekan *123*120# selanjutnya masuk menu untuk kemudian memasukkan angka 1 untuk mendapatkan token belanja. Saat membayar pengguna hanya perlu menunjukkan nomor teleponnya kepada kasir. Mudah, kan," kata Ongky.
Sementara untuk net rally 2013 sendiri, merupakan agenda rutin XL sejak dua tahun terakhir. Program ini dibuat untuk melihat kesiapan jaringan XL di wilayah Jawa Tengah, perbatasan dan Jawa Timur. Net Rally 2013 sendiri menempuh perjalanan dari Solo-Sragen-Ngawi-Madiun-Ponorogo. Dan dari seluruh perjalanan tersebut, tidak satupun ditemukan area blank spot untuk jaringan 2G. Artinya, menyambut momen ramadan dan mudik lebaran, XL telah siap. (vik/nda)