Pendapatan Data Naik, Geber Esia MBOIS dan Bakti Sosial

MALANG – Berbagai program yang dikeluarkan betul-betul memberikan dampak positif bagi Esia. Itu terbukti, operator milik PT Bakrie Telecom (BTEL) ini mampu meningkatkan jumlah pelanggan untuk layanan data hingga 99.9 persen. Hal ini dikatakan Corporate Communication and CSR Manager BTEL, Setya Yudha Indraswara, kemarin. Kepada Malang Post, pria yang hadir dalam program CSR Esia di Dusun Blandit, Desa Wonorejo, Singosari ini mengatakan peningkatan jumlah pelanggan tersebut sesuai dengan data akhir tahun 2012 lalu. “Tahun 2011 kami memiliki pelanggan untuk layanan data hanya 303 ribu, namun tahun 2012 jumlah pelanggan untuk layanan data hampir mencapai 606 juta, meningkat 99,9 persen,” ucap Ulil, panggilannya.
Meningkatnya jumlah pelanggan tersebut juga diiringi dengan peningkatan pendapatan perusahaan. Menurut dia, dengan adanya peningkatan jumlah pelanggan layanan data hingga 99,9 persen itu, pendapatan perusahaannya dalam layanan data pun meningkat 147 persen dari tahun 2011 lalu. Untuk tahun 2011, pendapatan Esia dalam hal layanan data tercatat Rp 102 miliar, sedangkan pada tahun akhir 2012 pendapatan untuk layanan data naik dan mencapai Rp 253 miliar. “Loyalitas pelanggan pada Esia terus meningkat. Kami pun menargetkan ada peningkatan yang signifikan untuk tahun 2013 ini,” ucapnya.
Berbagai program menarik pun dibuat, untuk menarik pelanggan. Salah satunya dengan program Esia MBOIS (Muantab Bolak-Balik Nelpon Gratis). Program yang dilauncing awal Mei lalu untuk area Jawa Timur ini diyakini bisa membuat peningkatan jumlah pelanggan Esia. “Program ini cukup menarik, karena pelanggan tidak akan dikenakan tarif sepeserpun saat menelpon ke semua operator, baik CDMA maupun telepon rumah,” tambah Ulil didampingi Head of Area Malang, Regional Jawa Timur, Bali dan Nusra PT Bakrie Telecom, Bondan Nurtjahjono.
Sementara untuk kegiatan CSR yang diadakan oleh Esia di Dusun Blandit, Desa Wonorejo, Singosari kemarin berjalan cukup meriah. Kegiatan diawali dengan jalan sehat, yang diikuti oleh 2.000 warga. Sekalipun gratis, namun Esia tetap menyediakan artisan hadiah menarik.  Tidak hanya itu, usai mengikuti jalan santai, Esia juga menggelar kerja bakti bersama warga, dengan membersihkan saluran air.
“Ada juga bakti sosial, berupa pengobatan gratis. Untuk kegiatan ini kami bekerja sama dengan Yayasan Bangun Bangsa Indonesia. Alhamdulillah, warga cukup merespon, bahkan jumlah pasien yang ikut kegiatan pengobatan gratis ini membludak, atau lebih dari yang ditargetkan,’’ ungkap Ulil.  Selain memberikan pengobatan gratis, dalam kegiatan CSR tersebut pihak Esia juga menyempatkan untuk memberikan sumbangan kepada Kades Wonorejo untuk melakukan renovasi bangunan Balai Desa. (vik/mar)