Samsung Kenalkan Ativ Smart PC

MALANG –  Samsung terus melakukan inovasi untuk menciptakan produknya. Salah satunya, dengan menciptakan tablet berbasis Windows  8. Tablet pertama Samsung yang mengusung operating system ini, bertitel Samsung Ativ Smart PC. Produk ini memiliki konsep PC Hibrida, yang memadukan antara tablet dengan dudukan keyboard. “Dengan produk ini, pengguna bisa memilih untuk menggunakannya sebagai tablet PC atau sebagai ultrabook,” terang Mustofa,  Kepala Marketing LL Computer Plasa Dieng.  Menurutnya, produk ini tentu sangat menarik minat masyarakat. Terutama mereka yang memiliki aktifitas mobile.  
“Tablet ini dilengkapi prosesor dengan  Atom dan Smart PC Pro dengan prosesor Intel Core i5, sehingga sangat membantu kinerja para pengguna,” ujarnya.  Mustofa menjelaskan, secara desai Samsung Ativ Smart PC memiliki layar seluas 11,6 inci, atau sedikit lebih lega dibandingkan tablet Android yang rata-rata mentok di ukuran 10,1 inci. Lebarnya layar tersebut sangat memudahkan pengguna untuk menggunakan tablet. Ditambah lagi dengan G sensor yang tertanam bisa memindahkan posisi layar pada posisi  lansekap atau horizontal merupakan posisi paling tepat dan nyaman ketika menggunakannya untuk mode tablet.
“Untuk desainnya, Samsung Ativ Smart PC ini mirip dengan tablet Samsung yang lain. Itu terlihat dari penempatan speakernya dan penempatan port. Di bagian atas terdapat port USB, tombol power, tombol untuk mengunci rotasi layar, jack audio 3,5 mm, slot kartu memori microSD dan slot SIM yang mendukung jaringan 3G,” tambah Mustofa. Dia menerangkan layar Ativ Smart PC ini menggunakan teknologi PLS dan memiliki resolusi 1366 × 768 piksel. Dan saat digunakan sebagai tablet, layar sentuh multi-touch Ativ mampu memberikan respons yang sangat mulus dan lancar.
“Menggunakan S-Pen, layarnya langsung berubah menjadi kanvas digital yang asyik digunakan untuk menciptakan sketsa atau sekadar menandatangani dokumen,” kata pria yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Kanjuruhan ini.  Sementara itu dengan adanya dudukan keyboard Ativ Smart PC ini bisa menjadi notebook biasa. Keyboard Samsung Ativ Smart PC ini sangat ringan, karena berbahan plastik. Dua buah port USB 2.0 dan satu port listrik dapat ditemukan di dock. Sayangnya tidak ada baterai untuk memperpanjang daya tahan.
Untuk proses pemasangan maupun pelepasannya pun sangat mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol di bagian tengah atas dudukan. Di sisi lain, ada yang eksklusif pada tablet ini yaitu aplikasi Little Artist. Aplikasi ini ditujukan bagi anak-anak dengan tampilan sangat menarik serta telah menyediakan beragam pilihan efek brush, sticker, dan warna yang akan membuat anak-anak tertarik memainkannya. “Little Artist merupakan aplikasi untuk menggambar, dan aplikasi ini disediakan untuk anak-anak,” pungkas Mustofa. (vik/mar)