Dell Pede dengan Laptop Berbasis Ubuntu

MALANG – Berbagai inovasi dikembangkan guna menciptakan produk terbaik. Begitu juga dengan Dell. Melalui produknya Dell Inspiron 3421, pabrikan komputer asal Amerika ini menciptakan laptop berbasis Ubuntu 12.04, yang memiliki tenaga lebih lama dibandingkan dengan laptop di kelasnya.
Fariz Alfian, Marketing Piramid Computer, Plaza Dieng menjelaskan, Inspiron 3241 ini merupakan laptop dengan luas layar 14 inch, bertenaga prosesor Intel Core i3. Dengan mesin tersebut, pengguna dapat mengerjakan banyak tugas tanpa masalah karena prosesor menawarkan cache 3 MB dan kecepatan clock 1.4 GHz.
Laptop ini memiliki dua ruang penyimpanan data, yaitu 320 GB dan 500 GB, dengan kartu RAM DDR3 dengan VRAM berkapasitas 2 GB. Laptop ini cukup untuk mengerjakan tugas kompleks. Didukung dengan kartu garfis Nvidia GeForce GT625M 1 GB memberikan kelancaran untuk tampilan grafis ketika bermain games ataupun melakukan pekerjaan grafis
Sebetulnya spesifikasi tersebut sebetulnya cukup standart, seiring vendor lain telah menciptakan produk laptop dengan spesifikasi lebih tinggi.
“Sistem Ubuntu yang ditanam pada laptop ini bukan harga mati, karena laptop ini juga mendukung sistem operasi windows 8 dengan panel sentuh di bagian keyboardnya,’’ kata Fariz yang menjelaskan, sistem Ubuntu merupakan istem operasi lengkap berbasis Linux. Sistem ini, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Meskipun memiliki spesifikasi yang standart namun Fariz yakin jika laptop yang dikenalkan pada kwartal pertama tahun 2013 ini mendapat respon dari masyarakat. Terlebih para profesional, diyakini memilih Dell dibandingkan dengan merek atau jenis laptop lainnya.
“Itu karena Dell Inspiron 3421 ini bisa bertahan lebih lama, baik piranti ataupun tenaganya. Itu karena Dell melengkapi laptop ini dengan smart fan,” ungkap dia.
Sementara untuk multi medianya, laptop ini hadir dengan spesifikasi yang bagus untuk keperluan hiburan. Salah satunya dengan tersedia juga drive 8x DVDRW. Dengan drive 8x DVDRW pengguna dapat menonton film pada laptop ini. Terintegrasi kamera web dengan resolusi 1 megapiksel yang membantu pengguna untuk tetap terhubung dengan teman-teman melalui video chat berkualitas tinggi.
Konesitivitas laptop ini juga tidak perlu diragukan. Itu karena Dell menyediakan dua pilihan pilihan konektivitas dalam laptop ini antara lain 2 buah port USB 3.0. Yaitu 1 buah port USB 2.0, HDMI serta Bluetooth 4.0. pengguna juga dapat menemukan card reader untuk membaca berbagai macam kartu memori .  
Untuk keperluan jaringan, laptop ini dilengkapi dengan Ethernet LAN dan Wireless LAN yang memungkinkan pengguna untuk berbagi data dengan kecepatan tinggi dan terhubung ke internet.
“Untuk desainnya, laptop ini berpenampilan menarik, desain yang ergonomis dan estetika yang indah. Dengan berat kurang lebih 2.2 kg yang nyaman untuk dibawa,’’ tandas Fariz.(vik/fia)