XL NOnton Siap Temani Pemudik

MALANG – PT XL Axiata Tbk (XL) tidak hanya sibuk melakukan moderinisasi jaringan. Menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan lebaran, XL juga meluncurkan berbagai program layanan menarik. Salah satunya adalah program XL Nonton.
XL Nonton ini merupakan layanan hiburan dimana pelanggan dapat menonton film melalui gadget baik smartphone ataupun  tablet. Layanan hiburan ini diluncurkan awal Juni lalu, namun layanan ini juga mendapat respon dari pelanggan. Hal itu terbukti dengan jumlah pengguna XL Nonton yang terus meningkat.
Putro Pamungkas, Corporate Communication XL East Region, mengatakan layanan ini mendapat respon dari pelanggan lantaran dapat diakses dengan sangat mudah dan dengan biaya yang sangat murah.
Dijelaskan oleh Putro, untuk mengakses layanan ini, pelanggan lebih dulu harus mengunjungi website XL Nonton  di http://nonton.xl.co.id atau aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis di google store untuk pengguna smartphone atau tablet dengan platform android.  
Setelah aplikasi tersebut berhasil terdownload, pelanggan bisa memasukkan nomor telepon, sebagai syarat registrasi. “Jika registrasi itu berhasil, pelanggan segera mendapatkan SMS  berisi password. Dan setelah itu aplikasi dapat dibuka, serta pengguna bisa langsung memilih judul film yang akan ditonton,’’ kata Putro.
Bapak satu anak ini mengatakan, jika layanan ini tergolong sangat murah. Selain aplikasinya bisa didapatkan secara gratis, XL hanya mengenakan tarif Rp 3300 per judul film, dengan masa paket selama 5 hari.
“Masa paket itu artinya, film bisa ditonton dalam waktu lima hari. Contohnya, sekarang nonton, karena ada keperluan atau film tiba-tiba terputus karena kuota data internet habis, jangan khawatir film hilang. Pelanggan bisa  kembali menonton film tersebut tanpa ada biaya tambahan, selama waktu 5 hari. Istilahnya seperti menyewa begitu,” kata Putro lagi.
Sementara untuk layanan lokal, dijelaskan oleh Putro, XL hanya mengenakan tarif Rp 7700 dengan masa paket selama 30 hari. Termasuk layanan internasional XL memberikan tarif Rp 11 ribu dengan masa paket 30 hari. Tapi begitu, Putro juga menegaskan jika tarif yang diberikan itu belum termasuk biaya akses internet.
“Semua film ataupun tontonan yang diberikan ini hanya bisa dilihat streaming, tidak untuk di download,” tambah pria asal Pasuruan ini, sambil mengatakan untuk mengakses layanan ini pelanggan membutuhkan akses internet dengan kuota yang cukup.
Putro menjelaskan, program layanan XL Nonton ini sedianya dibuat untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan XL saat melakukan perjalanan. Terutama saat mudik lebaran. Dengan XL Nonton ini pelanggan dipastikan tidak akan merasa bosan. Apalagi XL juga menyediakan banyak judul film yang bisa ditonton, baik itu film lokal ataupun film internasional.
“Layanan ini sedianya memang disediakan untuk para pemudik. Namun begitu, sejak awal launching Juni lalu, terjadi peningkatan penggunaan. Jumlahnya saya tidak hafal, tapi yang jelas ada peningkatan,’’ tandas Putro.(vik/fia)