Erajaya Group Pasarkan iPhone 4 8GB 

MALANG POST – PT Erajaya Swasembada Tbk (Erajaya Group) mengumumkan bahwa Perseroan akan memasarkan produk Apple yaitu iPhone4 8GB di pasar Indonesia. iPhone4 8GB yang dibandrol dengan harga Rp 3,9 jutaan ini sebelumnya pernah ada di Indonesia dengan kisaran harga Rp 5,5 juta. Dengan penyesuaian harga yang cukup signifikan ini diharapkan dapat mendongkrak pangsa pasar (market share) iPhone di Indonesia.
Saat ini produk smartphone besutan Apple yang ada di pasar Indonesia terdiri dari iPhone4s yang varian produknya berada di kisaran harga Rp 6 juta hingga Rp 8 juta dan iPhone5 yang ditawarkan dengan harga bervariasi antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Dengan tersedianya iPhone4 8GB yang harganya yang sangat terjangkau yaitu Rp 3,9 jutaan, tentunya akan semakin meramaikan pasar smartphone di kisaran harga Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta.
“Pasar smartphone di Indonesia menunjukkan tren pertumbuhan yang luar biasa dalam 5 tahun terakhir. Tahun 2012 kemarin, secara unit pasar smartphone telah menembus 28 persen, tumbuh dari  hanya sekitar 5 persen di tahun 2009. Pada tahun 2013 ini diperkirakan pasar smartphone akan mencapai 37 persen secara unit, dan menguasai lebih dari 70 persen dari nilai bisnis,” ujar Djatmiko Wardoyo, Marketing & Communications Director Erajaya Group.
“Kami akan memasarkan iPhone4 8GB ini melalui beberapa jalur pemasaran yaitu jalur distribusi dealer, own retail Perseroan yaitu erafone dan iBox, serta melalui jaringan Apple Premium Reseller (APR) dan Apple Authorized Reseller (AAR),” tambah Djatmiko.
Sementara itu, Luis Anthony, Marketing Manager PT Data Citra Mandiri (iBox), mengemukakan, permintaan atas produk iPhone di Indonesia relatif tinggi. Terbukti portofolio penjualan produk ini di jaringan iBox selalu menempati urutan atas.
“Kami yakin pasar akan merespon positif iPhone4 8GB ini. Terbukti ketika kami melakukan test penjualan pada saat event FKI minggu lalu, produk ini sangat diminati,” kata dia.
Menilik dari sisi teknologi, features dan design, produk iPhone4 8GB memiliki spesifikasi yang sama apiknya dengan iPhone4S seperti Facetime, Retina display, kamera 5 megapixel dengan LED Flash dan Video Recording HD.
Perbedaan mendasar hanya ketidaktersediaan aplikasi Siri. Selain itu, sistem operasi dari produk iPhone4 8GB ini dapat di upgrade ke iOS7, yang merupakan OS andalan produk Apple yang akan hadir dalam waktu dekat.
Dalam rangka pemasaran awal produk iPhone4 8GB, penawaran khusus seperti potongan harga dengan metode pembayaran tertentu, bundling operator serta beberapa penawaran menarik lainnya dapat di peroleh melalui beberapa outlet pilihan. (fia)