EOS-M, Pesaing Nikon J dari Canon

MALANG – Jika Nikon merilis seri J untuk produk kamera mirrolessnya, Canon juga melakukan yang sama. Melalui produk bertitle EOS M, Canon mengenalkan kamera mirroless pertamanya kepada masyarakat Malang Raya.
Sekalipun cukup terlambat dibanding dengan kompetitornya seperti Nikon dan Sony yang lebih dulu mengeluarkan kamera serupa, namun EOS M diyakini lebih banyak memikat hati para user. Itu karena, selain modelnya yang lebih cantik, kamera ini juga memiliki spesifikasi yang sangat lengkap, dan hasilnya pun tidak kalah dengan kamera DSLR.
Marketing Photo Pantai Matos, Agus Haryanto menjelaskan, Canon EOS-M  memiliki ukuran body yang relatif mungil (jika dibandingkan kamera DSLR) dan lensanya bisa mengganti-ganti. Canon merilis kamera ini dengan pilihan warna hitam mengkilap, putih glossy, perak atau warna merah darah. Dalam paket pembelian, Canon juga menyertakan dua lensa, yaitu Canon EF-M 22mm f/2 pancake STM serta EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM.
“Dalam paketnya juga terdapat Speedlite 90EX sebagai flash standar untuk kamera EOS-M,’’ kata Agus.
Tidak hanya dua lensa itu saja yang pas dipasang pada EOS M, koleksi lensa EF-S dan EF pun dapat dipasang pada kamera ini, syaratnya pengguna harus membelikan mount adapter, sebagai penghubung lensa.
Sekalipun tampak sempurna, dengan spesifikasi yang sangat lengkap, namun masih ada kekurangan pada kamera ini. Yaitu tidak adanya viewfinder. Pengguna hanya bisa mengkomposisi foto melalui layar LCD.
Namun hal tersebut tidak perlu dikawatirkan. Melihat komposisi foto menggunakan layar tidak akan mengurangi nilai foto. Bahkan bisa jadi kualitas hasil foto menyamai kualitas foto kamera DSLR.
“Kamera ini juga memiliki fitur perekam video Full HD Video 1080p. Cukup lumayan,’’ kata Agus.
EOS-M menggunakan sensor layaknya EOS 650D yakni format sensor APSC, dengan resolusi 18 megapixel. Sedangkan untuk foto continuous, Canon menyediakan 4,3 fps continuous shooting dengan 3 fps autofocus tracking.
“Speedlite yang kompatibel dengan sistem, bisa digunakan sesuai kebutuhan,’’ tandas Agus yang mengatakan kamera ini dijual dengan harga Rp 6.5 juta.(vik/fia)