Bisa ‘Menyelam’ Hingga 5 Meter

ANTI AIR : Nikon S31 kamera anti air dan anti debu dengan harga terjangkau
Nikon S31

MALANG – Kamera anti air (waterproof) saat ini tidak hanya tersedia dengan harga mahal. Seperti Nikon, yang menciptakan kamera waterproof dengan harga relatif sangat murah. Salah satu seri kamera waterproof Nikon yang dikenalkan kepada masyarakat adalah S31, yang merupakan penyempurnaan dari  seri S30 yang lebih dulu dikeluarkan.
Sekilas, kedua kamera tersebut memang terlihat sama, karena didesain mirip. Kedua kamera ini juga menggunakan bahan material plastik untuk casing, dan sama-sama memiliki lensa beresolusi 10.1 megapixel, dengan optic zoom hingga 3 kali.
Namun begitu, sebagai anak kedua dari seri S, Nikon tetap menyelipkan beberapa teknologi terbaru pada S31. Pertama adalah, S31 mampu menyelam hingga kedalaman 5 meter, dan anti goncangan (shockproof) hingga 1.2 meter. “Untuk kamera Nikon S30 hanya mampu menyelam hingga kedalaman 3 meter saja, dan anti goncangan hanya 80 cm,’’ terang  Dewi Asih, karyawan Gudang Camera, Plaza Dieng kepada Malang Post kemarin.
Bentuk S31 memang relatif tebal. Namun begitu, kamera ini sangat nyaman dalam genggaman. Terlebih camera ini sangat ringan, dan material plastik yang menyelimuti bodi kamera tidak memberikan efek licin, sehingga membuatnya tetap nyaman digenggam.  Di bagian depan, Nikon memberikan penutup kaca sebagai pelindung lensa. Ini bertujuan supaya air ataupun debu betul-betul tidak bisa masuk ke dalam bodi. Di bagian atas lensa terdapat lampu LED yang digunakan saat membutuhkan cahaya tambahan saat mengambil gambar di ruang yang sedikit memiliki cahaya. Sementara di bagian atas, Nikon hanya memberikan dua tombol, satu untuk menjepret foto, sedangkan satu lagi untuk merekam video.
Sementara di bagian belakang S31 terdapat layar seluas 3 inch, yang berfungsi sebagai alat untuk melihat objek serta hasil jepretan. “Kamera ini cukup sederhana, dan cocok untuk para pemula,’’ tambah Dewi.
Sedangkan hasilnya, kamera ini cukup lumayan. Ada beberapa menu untuk pengambilan gambar, yang dapat digunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan. Untuk mengambil gambar di dalam air, disarankan untuk menggunakan menu shoot under water, karena hasilnya akan terlihat jelas dan memuaskan. “Kamera ini dijual dengan harga Rp 1.050.000, murah dan hasil jepretan sangat memuaskan,’’ tandas Dewi.(vik/han)