Cross A5 Sasar Pasar Menengah

MALANG – Sebuah smartphone dengan platform Android kembali dikenalkan Cross kepada masyarakat, yakni A5. Ponsel yang dirilis sejak awal Juni lalu menjadi andalan Cross dalam hal penjualan. Itu karena memang ponsel yang memiliki luas layar 3.5 inch ini dijual dengan harga relatif sangat terjangkau. “A5 merupakan android paling murah di kelasnya. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 490.000,” kata Marketing Original Shop, Yuni Umaya. Dia menjelaskan, jika A5 ini merupakan ponsel yang menyasar kalangan menengah ke bawah.  Sementara untuk teknologinya, Yuni mengatakan Cross tidak banyak memberikan inovasi pada ponsel yang hadir dengan beberapa varian warna ini.  Sebut saja platform yang ditanam merupakan Android seri lama 2.3 Ginger Bread.
Secara operasional, operating system (OS) tersebut tidak banyak mempengaruhi kinerja ponsel. Hanya saja, ruang gerak ponsel pun terbatas, lantaran banyak aplikasi yang tidak bisa dinikmati pengguna lantaran OS yang tidak mendukung. Tidak hanya OS- nya yang jadul, layar A5 juga relatif standart. Dalam produk ini Cross menanamkan jenis layar LCD yang memiliki teknologi HVGA capacitive touch screen, dengan resolusi 320 x 480 piksel. Hal tersebut sudah tentu, tampilan layar tidak akan maksimal.  Tapi untuk mengelabuhinya, Cross pun memiliki cara sendiri.  Pabrikan yang rajin menelurkan produk baru ini tetap menanamkan fitur G Sensor. Sehingga ponsel murah inipun akan terkesan mahal, lantaran layar dan berubah sesuai arah ponsel.
Termasuk fitur TV analog, juga ditanam Cross pada A5, sebagai fitur multimedia. Dengan begitu, pengguna pun sedikit mendapat kepuasan, menggunakan ponsel ini.  Sementara untuk koneksifitasnya, Cross juga menanamkan WiFi, yang bisa diandalkan pengguna untuk melakukan aktifitas di dunia maya. Bluetooth juga tanam Cross pada  produk A5 ini, sebagai fasilitas untuk transfer data. “Untuk kinerjanya ponsel ini didukung dengan prosesor single core berkecepatan 1GHz, dengan dukungan RAM 256 MB. Sementara untuk media penyimpanannya, ponsel ini memiliki kapasitas penyimpanan 4 GB. Kapasitas tersebut dapat diperluas menggunakan slot memory hingga 4 GB,” tandas Yuni. (vik/mar)