Lima Smartphone Tertipis di Dunia

INOVASI smartphone tak pernah berhenti. Ada saja sesuatu yang baru ditawarkan oleh para vendor, termasuk dari sisi ketebalan handset yang dibuat. Tak hanya vendor global, beberapa pabrikan yang mungkin namanya kurang akrab di telinga pun mencoba membuat smartphone dengan tingkat dimensi setipis mungkin. Alhasil, saling klaim 'sebagai smartphone tertipis di dunia' pun merebak di antara pembesut smartphone tersebut. Nah, pada akhirnya konsumen juga yang nantinya akan memilih manakah smartphone tertipis yang layak untuk dimiliki. Seperti jajaran smartphone tertipis ini, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lenovo K900
Bukan datang sebagai vendor global, Lenovo K900 boleh dibilang masuk ke dalam jajaran smartphone dengan tingkat ketipisan yang memukau. Dengan bentang layar mencapai 5,5 inci yang dilapisi full HD dengan kepadatan 400+ ppi, plus resolusi 1080x920, Lenovo K900 mempunyai ketipisan 6.9 mm. Selain itu, Lenovo K900 diklaim sebagai smartphone pertama yang dibenamkan dengan prosesor Intel Atom terbaru Z2580.

2. Fujitsu ARROWS ES IS12F
Terkenal di segmen enterprise, Fujitsu juga mempunyai beberapa jajaran produk consumer elektronik berupa smartphone. Nah, salah satunya adalah Fujitsu Arrows ES 1S12F. Ponsel yang hanya beredar terbatas di Jepang, mempunyai dimensi ketipisan sebesar 6.7 mm saja dan berat sekitar 108 gram.

3. Xperia Z Ultra
Ini merupakan salah satu suksesor dari Xperia Z milik Sony yang berhasil mencuri perhatian penggemar smartphone. Masuk kategori phablet, Xperia Z Ultra hadir dengn layar sentuh 6,4 inch HD. Selain layar lebar, dengan ketebalan bodi 6,5 mm dan bobot 212 gram, SpecTRAX dari Strategy Analystic mendaulat Xperia Z Ultra sebagai smartphone tertipis dengan layar Full HD.
"Xperia Z Ultra merupakan revolusi paling menarik dalam perangkat hiburan smartphone berlayar besar dengan layar smartphone Full HD tertipis dan terbesar di dunia," ujar Calum MacDougall, Director of Xperia Marketing Sony Mobile Communications.

4. Huawei Ascend P6
Huawei memperkenalkan handset jagoan terbarunya yang bernama Ascend P6. Dengan ketebalan hanya 6,18 mm, Huawei mengklaim Ascend P6 adalah smartphone tertipis di dunia. Huawei Ascend P6 memiliki layar seluas 4,6 inch resolusi 1280 x 720 dengan kepadatan piksel 312ppi (pixel per inch). Dengan fitur Magic Touch, layar ini bisa dioperasikan meski pengguna memakai sarung tangan. Kamera belakangnya 8 megapiksel sedangkan kamera depan 5 megapiksel. Membuatnya menjadi salah satu ponsel dengan kamera depan terbaik.

5. Umeox X5
Kalau boleh dibilang, Umeox X5 sebagai smartphone tertipis di dunia sampai saat ini. Bukan datang dari vendor global, tersebutlah nama Umeox X5. X5 dibilang ponsel tertipis saat ini karena mempunyai ketebalan hanya sekitar 5.6 mm, dengan dimensi diperkirakan 118 x 60 x 5.6 mm. Rencananya ponsel ini akan dijual ke pasaran dengan sistem operasi Android 4.2 pada bulan Juli mendatang. Belum diketahui harga yang diusungnya. (dk/mar)