Keypad Fisik Q10 Kalahkan Popularitas Z10

MALANG – BlackBerry memang identik dengan ponsel yang dilengkapi keypad model Qwerty. Itu terbukti, dengan hadirnya BlackBerry Q10. Ponsel yang menggunakan Operating Sistem BlackBerry 10 ini jauh lebih laris dibandingkan kakaknya, Z10 yang tidak memiliki keypad virtual alias touchscreen.
Hal ini dikatakan oleh promotor BlackBerry Octavia Santi. Kepada Malang Post wanita ini mengatakan jika BlackBerry Q10 lebih banyak diminati dibandingkan dengan Z10. “Untuk perputaran produknya Q10 lebih cepat. Seperti di Global Teleshop, sejak produk ini dilaunching lebih dari 15 unit BlackBerry Q10 laku terjual,’’ kata wanita yang memiliki wilayah tugas di pertokoan Malang Olimpic Garden (MOG) ini.
Tidak hanya di Global, kondisi itu juga terjadi di Oke Shop. Menurut Octa begitu Octavia Santi kerap dipanggil, lebih dari 10 unit Q10 ludes terjual.
“Dibandingkan Z10 memang Q10 lebih banyak diminati. Dulu saat kali pertama launching, hanya satu dua orang saja yang menanyakan dan kemudian membeli Z10. Sedangkan Q10 ini memang luar biasa,’’ katanya, sembari mengatakan Q10 dibandrol dengan harga Rp 7,49 jutaan. Harga tersebut sama saat kali pertama Z10 dilaunching.
Tidak hanya keypad yang memberikan dampak ketertarikan warga, baterai Q10 pun menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Octa, baterai Q10 lebih tahan lama, karena memiliki kapasitas lebih besar.
“Baterai Z10 memiliki kapasitas 1800 mAh dengan bentuk memanjang sesuai dengan bodi ponsel, sementara Q10 baterainya justru melebar dengan kapasitas 2100 mAh, yang jelas lebih awet,’’ tambah Octa.
Octa pun menjerlaskan secara detail spesifikasi BlackBerry Q10. Ponsel tersebut dilengkapi layar sentuh berukuran 3,1 inci super AMOLED dengan resolusi 720 x 720 360 ppi, prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, slot micro-SD, baterai 2,100 mAh, serta kamera 8 megapiksel dan 2 megapiksel di sisi depan serta dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan NFC. Untuk cassingnya, Q10 menggunakan casing dari bahan glass weave yang jauh lebih kuat dibandingkan bahan plastik.
Sekalipun memiliki keypad, namun BlackBerry telah menghilangkan tombol call, menu, back, off dalam bentuk fisik, pada seri Q10 ini. Termasuk keberadaan trackpad juga dihilangkan. Untuk aktifitas menuju menu tersebut, BlackBerry memberikan kemudahan pengguna untuk menyentuh layar ponsel saja.
Sementara itu, munculnya Q10 ini memberi dampak negative pada penjualan Z10. Itu sebabnya, pihak BlackBerry pun memberikan promo untuk pembelian BlackBerry Z10. Yaitu selain cash back sebesar Rp 500 ribu. Selain itu, BlackBerry juga memberikan gratis power bank dengan kapasitas 5600 mAh.
“Ini promo khusus, selain merupakan agenda rutin, promo ini digelar untuk meningkatkan penjualan BlackBerry Q10,’’ tandas Octa yang mengatakan sebelumnya Q10 dijual dengan harga Rp 6,9 jutaan, dan saat promo ini harganya menjadi Rp 6,49 jutaan.(vik/fia)