Xperia Z Bakal Tersaingi ZR

MALANG – Sony melengkapi smartphone seri Z nya dengan dikenalkannya produk bertitel Xperia ZR. Secara fisik, Sony Xperia ZR memang belum beredar di pasaran. Namun begitu, pihak Sony berkeyakinan smartphone dengan layar 4.6 inci ini akan memikat hati para user, terutama mereka yang mencintai olah raga ekstrim.  Itu karena,  produk Sony Xperia ZR merupakan ponsel tahan air, yang mengandalkan kemampuan mengambil foto dan video di dalam air dengan kualitas sangat baik. Promotor Sony Malang, Novi Indriani menjelaskan, secara desain Sony Xperia ZR ini cukup mirip dengan kakaknya Sony Xperia Z.  Hanya saja, layar Sony Xperia ZR lebih kecil dibandingkan layar Sony Xperia Z yang memiliki bentang layar 5 inci. Tapi begitu, pada ponsel ini Sony lebih fokus pada kameranya.
Selain itu, kemampuan Xperia ZR lebih baik dari Xperia Z dalam hal ketahanan terhadap terjangan air. “Sony Xperia ZR ini mampu mengabadikan gambar dengan baik di kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Berbeda dengan Sony Xperia Z yang hanya mampu menyelam hingga kedalaman 1 meter,” kata Novi, sapaannya. Dia menjelaskan, ponsel baru ini mengantongi sertifikasi IP55 dan IP58. “Khusus untuk kamera masih sama dengan pendahulunya yang beresolusi   13 megapiksel dengan sensor Exmor RS, yang akan memberikan kecerahan dan ketajaman gambar tingkat tinggi,” urainya. Tidak hanya kameranya saja yang membuat ponsel ini banyak dimintai. Secara performa, Xperia ZR jelas lebih unggul.
Ponsel ini mengusung prosesor Gualcomm Snapdragon S4 Pro quadcore berkecepatan 1,5 GHz yang didukung dengan RAM 2 GB. Sementara untuk layarnya, Sony mengusung layar seluas 4.6 inci HD Reality Display. Teknologi Mobile Bravia Angine 2 pun disematkan, sebagai layar khas Sony.  Layar tersebut diklaim super tajam dan cerah. Dan ponsel ini mampu merekam gambar video 720 HDp. “Layar yang diusung jenis TFT Mobile Bravia meski resolusi Xperia ZR lebih kecil dibanding Xperia Z, yaitu 1280 x 720 piksel,” tambah Novi. Sedangkan untuk konektivitas, seakan tidak ada perbedaan antara Xperia Z dengan Xperia ZR yang mempunyai "near field communication" (NFC) serta kemampuan jaringan "long term evolution" (LTE). (vik/mar)