Chip Gevey Deteksi Ponsel Terkunci

MALANG – Meningkatnya jumlah pengguna iPhone kerap dimanfaatkan para oknum untuk mendatangkan barang dari luar negeri. Namun begitu, tidak semua iPhone yang didatangkan itu support digunakan di Indonesia, lantaran beberapa negara memilih mengunci (lock) ponsel, dengan tujuan device tersebut tidak bisa mendeteksi SIM card dari negara lain. Tapi kondisi tersebut saat ini telah dipatahkan. Sebuah chip canggih bernama R SIM (Gevey), menjawab persoalan tersebut. Gevey memang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi SIM card yang masuk pada iPhone Lock.
“iPhone lock hanya mampu mendeteksi kartu SIM dari negara tempat ponsel tersebut beredar. Contohnya seperti iPhone 4S ini merupakan ponsel yang beredar di Jepang, dan ponsel ini telah di-lock oleh pemerintahan sana. Untuk bisa mengaktifkan ponsel ini dan bisa digunakan di Indonesia, satu-satunya cara adalah menggunakan alat bantu berupa chip Gevey ini,” terang Andik Sismanto, pemilik Rolland Cell Malang Plasa. Dia mengungkapkan jika Gevey memang diciptakan khusus sebagai alat pendeteksi jaringan operator.
“Sebetulnya tidak hanya berlaku pada iPhone, Gevey juga bisa digunakan pada ponsel lain yang kondisinya lock atau terkunci, karena Gevey sendiri memiliki tipe atau seri untuk masing-masing ponsel,” katanya. Penggunaan Gevey sendiri cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan nano SIM card pada port Gevey lalu dimasukkan ke ponsel. Kali pertama,  dimasukkan pengguna tidak bisa langsung melihat jaringan atau signal ponsel. Sebaliknya, di layar akan tampil beragam menu pilihan.  “Yang dilakukan pengguna hanya memilih salah satu menu tersebut sesuai tipe Geyey. Dan itu ada pada buku petunjuk penggunaan Gevey,” katanya.
Ponsel pun secara otomatis merestart, setelah pengguna memilih salah satu menu. Dan setelah itu jaringan operator pun akan terlihat jelas. Namun begitu, saat pengguna akan mengganti nomor ponsel, maka wajib melakukan penyetingan ulang, lantaran penggunaan Gevey ini bersifat satu kartu satu setingan. “Untuk user yang mendapat iPhone atau ponsel lainnya di-lock saat ini tidak perlu bingung lagi, karena Gevey mengatasi persoalan itu,” ucapnya. (vik/mar)