OMG, BBM Pending se-Asia Pasifik

MALANG POST - Pengguna BlackBerry di Indonesia boleh jadi tengah menggerutu lantaran layanan BlackBerry Messenger (BBM) tak dapat dioperasikan dengan normal. Lantas, apa penjelasan pihak BlackBerry Indonesia soal BBM pending ini?
PR Manager BlackBerry Indonesia Yolanda Nainggolan mengakui jika saat ini sejumlah pengguna BlackBerry di Tanah Air tengah mengalami gangguan dalam menggunakan layanan BBM.
"Saat ini tim teknis kami sedang melakukan investigasi untuk mengetahui isu yang terjadi," jelasnya kemarin (3/7).
BlackBerry tidak memberi tahu lebih lanjut soal gangguan teknis yang merundung jaringannya, termasuk soal estimasi waktu gangguan yang bakal terjadi. Pun demikian, vendor asal Kanada itu menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna BlackBerry Indonesia atas gangguan yang terjadi.
"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tandas Yolanda.
Sebelumnya, gangguan layanan BlackBerry yang dirasakan oleh pengguna diakui oleh operator. Mereka mengamini adanya gangguan ini setelah sebelumnya mendapat notifikasi dari perusahaan asal Kanada itu.
"Tadi kita sudah mendapatkan pengumuman dari RIM, bahwa ada gangguan sejak jam 11 siang tadi. Tapi tidak diberitahu apa masalahnya," kata Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty.
Anita menambahkan, pihak BlackBerry mengestimasikan perbaikan akan selesai dalam waktu dua jam, sejak jam 11 siang tadi. Tapi hingga berita ini diturunkan, gangguan masih terjadi.
Hal senada juga dikatakan oleh Henry Wijaya, Corporate Communication XL Axiata. Ia menuturkan, berdasarkan notifikasi yang diterimanya, gangguan BlackBerry juga terjadi se Asia Pasifik.
Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel. Pihaknya juga mendapatkan pengumuman yang sama, bahwa pengguna BlackBerry tidak bisa mengakses ke BlackBerry Messenger, browsing dan jejaring sosial.
"Dari sisi Telkomsel pada dasarnya tidak ada masalah. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," pungkas Adita.
Sementara itu, akibat gangguan tersebut, akun twitter operator diserbu dengan tweet keluhan. Para operator pun menegaskan bahwa akar permasalahan tersebut berasal dari sistem BlackBerry.
Untuk akun Twitter customer service XL misalnya, @XLCare, menegaskan bahwa gangguan yang terjadi bukan pada jaringan mereka, melainkan dari BlackBerry.
"Saat ini pihak RIM menginfokan sdg tjadi incident yg mnybabkan kendala pd browsing&aplikasi social media khusus pengguna BB. Termakasih," tulis @XLCare, merespons pertanyaan penggunanya.
Sementara Axis lewat akun @ask_Axis pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Sebab saat ini BlackBerry disebut sedang melakukan optimalisasi jaringan se-Asia Pasifik yang berdampak pada layanan BlackBerry.
"Mohon maaf ya, saat ini sedang ada maintenance sistem dr RIM, mohon kesabarannya ya," kicau @ask_AXIS.
Setali tiga uang dengan XL dan Axis, Customer Care Indosat juga menyuarakan penjelasan serupa di Twitter. Namun estimasi pulihnya jaringan BlackBerry disebut bisa sampai 5 jam ke depan.
"Maaf ya saat ini sedang ada pemeliharaan layanan dari pihak RIM, bisa dicoba kembali setelah 5 jam ke depan," kata akun @IndosatCare. (dtc/fia)