Andalkan Seri Jelly Bean Terbaru

MALANG – Sukses dengan produk tablet 7 inch, Beyond mencoba peruntungannya dengan menciptakan tablet berlayar lebih besar. Melalui produk B-Tab 9, Beyond mengenalkan tablet dengan layar 9 inch. Meski secara tampilan lebih menarik, namun Beyond cenderung stagnan dalam hal teknologi. Terbukti, meskipun mengusung layar capacitive touchscreen  B-Tab 9 masih menggunakan jenis layar TFT  beresolusi 480X800. Berbeda dengan kompetitornya Advan, melalui produk  Vandroid T3i yang memiliki luas layar 9.7 inch, telah dibekali dengan layar  berteknologi HD.
Tidak hanya itu, Beyond juga membekali B-Tab 9 ini dengan prosesor dual core Cortex A9 berkecepatan 1.2 GHz yang didukung dengan RAM 512. Prosesor tersebut cukup umum digunakan pada tablet-tablet lokal, untuk mendukung dalam membuka data. Termasuk memory internal 4 GB, yang ditanam, bukanlah hal istimewa. Secara performa mesin tersebut memang cukup untuk berbagai aktifitas tablet. Lantaran dengan mesin tersebut, pengguna sudah bisa bermain game kelas 3D ataupun menonton video 3D.
“Tablet ini sangat support saat diajak bermain game ataupun nonton film 3D. Karena memang motherboard yang terpasang di dalamnya, sekelas motherbord yang terpasang pada PC,’’ terang Frans Kharisma pegawai toko Mitra Solosindo, Plaza Dieng.
Dari sekian teknologi yang ditanam, tablet ini sedikit memiliki kelebihan pada operating sistemnya. Itu karena B-Tab 9 ini  menggunakan operating sistem android  terbaru yaitu 4.2.1 Jelly Bean. Operating sistem tersebut memberikan nilai lebih pada ketersediaan aplikasi.  
“Jika Android 4.0 ice cream Sandwich (ICS) menyediakan aplikasi hingga 150 ribu, untuk Android 4.2.1 ini lebih banyak lagi aplikasi yang dapat diunduh pengguna,’’ kata Frans.
Selain operating sistem yang terbaru, yang patut dibanggakan pada B-Tab 9 adalah ketahanan baterainya. Menurut Frans, dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, B-Tab 9 akan mampu hidup hingga 24 jam non stop. “Kalau kompetitor lainnya, memasang baterai paling besar 4000 mAh. Namun Beyond menanam baterai berkapasitas 5000 mAh, sehingga akan lebih lama,’’ tambah Frans, sembari mengatakan tablet yang memiliki dimensi sangat tipis dan mirip bentuk iPad ini juga memiliki fungsi telepon serta SMS.
Sementara untuk harganya, tablet ini tidak terpaut jauh dengan Beyon B-Tab 1. Beyond membandrol tablet ini dengan harga satu jutaan saja. (vik/fia)