Lebih Canggih dari Pendahulunya

MALANG – Dell  tidak hanya meluncurkan Inspiron 14 di pasar gadget Malang Raya.  Pabrikan ini juga meluncurkan seri 14 R sebagai penyempurna produk sebelumnya. Dell Inspiron 14R ini mulai dipasarkan sejak pertengahan Juni lalu. Secara spesifikasi Inspiron 14R, jelas lebih mumpuni dibandingkan adiknya. Lantaran itu, juga harga Inspiron 14R ini jauh lebih mahal dibandingkan Inspiron 14.
”Untuk harganya, Inspiron   14 dijual dengan harga Rp 4,3 jutaan sedangkan Inspiron 14R dibandrol dengan harga Rp 6,6 jutaan,’’ ucap Rita Lilik Dwi A, Marketing Pyramid Computer, Plaza Dieng.
Kepada Malang Post, Lilik pun menjelaskan, Inspiron 14R merupakan laptop dengan layar 14 inch beresolusi 1366 x 768 piksel. Layar Inspiron 14R ini mendukung  teknologi True Life, yang support dengan windows 8.
“Secara tampilan jelas berbeda, layar inspiron 14R ini lebih tajam dan lebih jernih,’’ katanya.
Ia menambahkan, selain layar jernih, Inspiron 14R ini hadir dengan sistem yang telah dioptimalkan untuk kinerja yang lebih baik serta daya baterai yang lebih tahan lama. Menurut Lilik, Inspiron 14R ini menggunakan baterai versi 6 sel. Hasilnya, umur baterai yang lebih panjang.
Inspiron anyar ini dirancang-ulang sehingga menjadi lebih ringan 15 persen dari pendahulunya dan 17 persen lebih langsing untuk versi 4-sel baterai atau 1 inci lebih tipis
“Desainnya juga lebih tipis. Inspiron 14R ini terlihat sangat elegan karena balutan casing aluminium,’’ tambah Lilik.  Tak pelak, dengan menyuguhkan, baik daya dan kinerja, serta dikemas dalam desain yang ringan dan tipis plus fitur lengkap di dalamnya, Inspiron 14R ini diklaim, sempurna untuk kebutuhan komputasi sehari-hari bagi keluarga dan mahasiswa.
Sementara untuk mesinnya, Lilik pun mengatakan jika laptop Inspiron 14R ini hadir dengan pilihan prosesor, Celeron i5, didukung dengan RAM 4 GB. Menggunakan mesin tersebut, laptop ini akan bekerja dengan sangat maksimal. Tidak hanya itu, dengan prosesor i5 tersebut, laptop ini hanya butuh 17 watt untuk menyalakannya. Prosesor hemat energi ini menggunakan separuh dari yang diperlukan dibanding dengan Inspiron terdahulu.
Bahkan, tampilan grafisnya pun sangat detal, lantaran dukungan Nvidia geforce 2 GB. “Untuk media penyimpanan, pengguna juga tidak perlu kawatir, karena laptop ini memiliki kapasitas hardisk yang cukup besar yaitu 750 GB,’’ tambah Lilik.
Laptop ini juga mendukung beberapa fitur lain, diantarannya 3 x 3 dual-band wireless berbasis standar Wi-Fi N terkini, Bluetooth 4.0, HDMI 1.4a, dan speakers stereo dengan Waves MaxxAudio 4 yang telah diperkenalkan pada notebook premium Dell XPS.(vik/fia)