XL Gelar CSR Ke Daerah Banjir Terpencil

MALANG POST – PT XL Axiata Tbk tak tinggal diam melihat Malang Selatan luluh lantak oleh banjir bandang Selasa (9/7) lalu. Demi membantu warga Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang terkena bencana banjir, XL Malang disokong penuh oleh dealer CV Mujur Surya, meluncurkan tim CSR (Customer Service Responsibility) pagi kemarin (12/7) menuju lokasi yang terkena banjir.
Dengan membawa bantuan logistik berupa sembako, awalnya rombongan tim CSR XL Malang langsung menuju posko bencana Desa Sitiarjo yang terletak di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Sitiarjo. Berangkat sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tim CSR sampai di Sitiarjo pukul 11.30 WIB.
Namun, dari informasi yang dihimpun di posko bencana, ada daerah lain yang lebih membutuhkan bantuan CSR XL ketimbang posko utama di Sitiarjo. Yakni, desa Sidoasri yang terletak kira-kira dua jam perjalanan dari Sitiarjo. Paska banjir, suplai logistik di daerah terpencil itu menipis.
Praktis, Area Manager XL Malang, Nofen Sumianto yang juga menjadi ketua rombongan tim CSR XL, memutuskan untuk langsung menuju Sidoasri untuk menyerahkan bantuan sembako secara langsung. “Kami putuskan untuk langsung memberikan sembako ke masyarakat Sidoasri, agar CSR tepat sasaran,” ungkap Nofen kepada Malang Post.
Setelah menempuh perjalanan berliku dengan infrastruktur jalan yang tak mendukung, rombongan tim CSR XL sampai di Desa Sidoasri yang berdekatan dengan pantai Perawan Sidoasri. Sekitar pukul 13.30 WIB, tim CSR XL Malang diterima oleh kepala desa Sidoasri, Sih Reno Wibowo.
Kepala desa Sidoasri pun mengakui, sampai saat ini, kebutuhan logistik desa Sidoasri paska banjir belum bisa dikatakan berlimpah. “Kita masih membutuhkan bantuan dari pihak luar. Karena itu, kehadiran XL di Sidoasri kami sambut. Kami sangat berterimakasih atas kedatangan tim CSR XL,” ungkap pria yang akrab disapa Wiwik.
Bersama Wiwik, tim CSR XL Malang pun meninjau lokasi yang menjadi awal bencana banjir di desa berpenduduk sekitar 5000 orang. Fakta pun terungkap. Sungai Kemudinan yang melintasi desa tak bisa membendung debit air akibat curah hujan tinggi, Selasa malam lalu.
Air pun meluber ke perkampungan warga Sidoasri dan mengakibatkan kerusakan. Setidaknya, ada 800 KK yang terdampak banjir bandang. Sawah-sawah yang jadi mata pencaharian sekitar 90 persen penduduk Sidoasri pun terkena banjir. Dengan kehadiran XL, Wiwik sebagai kepala desa pun merasa terbantu.
“Kita sangat terbantu, apapun bantuan dari XL, itu sangat berarti bagi penduduk sini,” tegas Wiwik. Tim CSR XL Malang pun segera memberikan bantuan sembako, yakni satu kuintal beras, 110 kerdus mie instant, 50 kerdus minyak goreng, 10 kerdus air mineral dan dua kerdus kopi.
Sihariadi, ketua nelayan pantai Perawan Sidoasri mengaku sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh tim CSR XL Malang. “Setidaknya, masih ada operator seluler yang peduli dengan masyarakat kecil yang terkena bencana seperti kami,” ujar Sihariadi.(fin)