Belum Booming, Q5 Turun Harga

MALANG – Belum juga booming, harga BlackBerry Q5 di pasar gadget Malang Raya sudah turun. Ponsel dengan operating system BlackBerry 10 ini kali pertama muncul harganya mencapai Rp 5,5 juta. Namun ponsel yang dikenalkan berbarengan dengan BlackBerry Q10 itu sudah turun Rp 500.000 menjadi Rp 5 juta. Bahkan kemarin, ponsel dengan empat pilihan warna ini sudah ditawarkan menjadi Rp 4,8 juta. Staf penjualan Karna Jaya Cell, Fitri Hidayah mengatakan, BlackBerry Q5  memang merupakan seri smartphone yang ditawarkan dengan harga terjangkau, dibandingkan dengan ‘saudaranya’, BlackBerry Q10.  “Harga Z10 sekarang Rp 6,4 jutaan sedangkan untuk Q10 masih Rp 7,5 jutaan. Q5 sengaja diproduksi untuk segmen mid-range lantaran harganya yang murah.,” sambung dia.
Namun begitu, faktanya penjualan Q5 belum mengalahi Q10. Itu terbukti, ponsel yang hadir dengan garansi distributor ini tidak banyak ditanyakan user.  Fitri menjelaskan, secara desain BlackBerry Q5 ini bentuknya pun mirip seperti BlackBerry Curve. Ponsel ini memiliki bentuk hybrid QWERTY dan layar sentuh.  Sementara untuk hardwarenya, BlackBerry Q5 menggunakan prosesor dual-core 1,2 GHz dan layar 3,1 inci dengan resolusi 720 x 720 piksel. “BlackBerry Q5 mempunyai dua jenis metode input, yaitu papan ketik fisik QWERTY dan layar sentuh,” tegas Fitri, panggilan sehari-harinya.  Dia menjelaskan, BlackBerry Q5 juga dibekali memori internal sebesar 8GB dan RAM 2GB.
Untuk memperbesar kapasitas penyimpanan disediakan slot microSD. Kamera utamanya menggunakan 5 megapiksel dan 2 megapiksel untuk kamera depan. Ponsel BlackBerry 10 dengan dimensi 120 mm x 66 mm x 10,8 mm ini mendukung fitur jaringan GPRS, EDGE, WiFi, Bluetooth, dan NFC. “Sementara yang beredar di Amerika mendukung koneksi 3G HSPA+ dan 4G LTE,” terang dia. Yang menarik dari BlackBerry Q5 ini adalah baterainya yang tak bisa dilepas alias non-removable. Sehingga fitur 'cabut baterai' otomatis sudah tidak berlaku lagi di handset ini. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 2.100 mAh. (vik/mar)