XL dan Carrefour Pasarkan Konten dan Aplikasi

KERJASAMA: XL dan Carrefour bekerjasama membuka saluran baru penjualan konten dan aplikasi melalui gerai-gerai Carrefour.

JAKARTA- Konten dan aplikasi menarik sudah pasti akan menjadi nilai lebih sebuah operator seluler. Demikian juga dengan kemudahan untuk mendapatkannya akan menjadi nilai tambah lainnya. Untuk itu, demi semakin mempermudah pelanggan untuk mendapatkan konten yang diinginkannya, XL Axiata dan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) bekerja sama membuka saluran baru penjualan konten dan aplikasi melalui gerai-gerai Carrefour. Sebagai langkah awal, XL dan Carrefour saat ini menyediakan penjualan Ring Back Tone (RBT). Penjualan pertama melalui ritel modern di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Peluncuran kerjasama sekaligus pengenalan saluran baru ini dilakukan oleh Chief of Digital Services XL Dian Siswarini dan Corporate Affairs Director PT. Trans Retail Indonesia RM. Adji Srihandoyo.
Dalam rilisnya yang dikirim ke Malang Post, General Manager Content & Application XL, Revie Sylviana Andriani Dewi mengatakan, kolaborasi sangat menarik dan mungkin satu-satunya di Asia. Siapa yang pernah membayangkan kita akan menjual konten dan aplikasi seperti RBT di ritel modern seperti Carrefour? “Karena itulah, kami sangat menyambut baik kerjasama untuk layanan yang inovatif ini, yang memungkinkan kita menemukan saluran baru mempermudah pelanggan XL dan masyarakat mendapatkan RBT,” ujarnya. Sedangkan Hendrik Adrianto, Head of External Communications & CSR, PT. Trans Retail Indonesia menambahkan, adanya kerjasama ini merupakan terobosan program untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh pelanggan.
“Kami akan selalu memberikan program-program yang menarik bagi konsumen sehingga pelanggan akan tetap menjadikan Carrefour sebagai peritel pilihan bagi seluruh keluarga Indonesia,” terang dia. Sementara itu, Dian Siswarini menambahkan, kerjasama dengan Carrefour merupakan salah satu upaya XL dalam mengembangkan saluran pemasaran konten, khususnya RBT melalui modern channel dan bentuk komitmen dari XL untuk mengembangkan industri digital, khususnya musik digital ditengah lesunya penjualan fisik (CD atau Kaset).
Mengamini penuturan Dian, Jusak Sutiono, perwakilan dari label mengatakan bahwa langkah XL membuka penjualan konten, di hipermarket besar seperti Carrefour ini sangat bagus. “Kami mendukung sepenuhnya. Ini sebuah langkah konkret yang kreatif dalam mendukung musik Indonesia, dan juga sebagai salah satu upaya untuk meyakinkan juga kepada masyarakat bahwa RBT adalah produk yang aman dan mengutamakan kualitas,” tukasnya.
Pada tahap awal, masih sebatas RBT yang akan dipasarkan melalui Carrefour. Selanjutnya, tidak menutup kemungkinan bagi XL untuk juga memanfaatkan saluran baru ini untuk memasarkan produk layanan digital lainnya seperti antara lain Games, paket chatting, full track download, dan lain-lain. Mekanisme untuk pembelian ini baru dan unik, saat melakukan pembayaran di kasir, pelanggan akan mendapatkan masa berlangganan sesuai yang dibeli. Setelah transaksi, pelanggan akan mendapatkan SMS notifikasi. Untuk memilih lagu yang diinginkan (ada puluhan ribu lagu di database XL), pelanggan menggunakan menu UMB *123*27#. UMB ini khusus untuk pembelian melalui modern channel. Harga yang ditawarkan melalui Carrefour ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 500. (mar)