Body Ramping Kinerja Mumpuni

MALANG – Dell mencoba menghilangkan image notebook yang tebal dan berat. Hal tersebut terlihat dari rilis produk baru bernama Inspiron 14R 5421. Laptop yang diperkenalkan di awal tahun 2013 ini memiliki bobot tak lebih dari 2 kg.
Marketing Pyramid Computer, Rita Lilik Dwi A menjelaskan, Inspiron 14R 5421 diluncurkan bersamaan dengan seri 14-3421. Dua laptop tersebut memiliki perbedaan spesifikasi yang merujuk pada perbedaan segmen yang dituju.
“Inspiron 14-3421 untuk segmen menengah ke bawah. Sedangkan Inspiron 14R-5421 untuk segmen medium,” terang Lilik.
Kepada Malang Post, Lilik menjelaskan, Inspiron 14R merupakan laptop dengan layar 14 inch beresolusi 1366 x 768 piksel. Layar Inspiron 14R ini mendukung  teknologi True Life, yang support dengan windows 8.
Ia menambahkan, selain layar jernih, Inspiron 14R ini hadir dengan sistem yang telah dioptimalkan untuk kinerja yang lebih baik serta daya baterai yang lebih tahan lama. Menurut Lilik, Inspiron 14R ini menggunakan baterai versi 6 sel. Hasilnya, umur baterai yang lebih panjang.
Inspiron 14R dirancang lebih ringan 15 persen dari pendahulunya dan 17 persen lebih langsing untuk versi 4-sel baterai atau 1 inci lebih tipis. Balutan casing aluminium membuat seri yang di pasarkan dalam empat warna pilihan yaitu pink, moon silver, indigo blue, dan fire red ini terlihat lebih elegan.
Sementara untuk mesinnya, Lilik pun mengatakan jika laptop Inspiron 14R ini hadir dengan pilihan prosesor, Celeron i5, didukung dengan RAM 4 GB. Menggunakan mesin tersebut, laptop ini akan bekerja dengan sangat maksimal. Tidak hanya itu, dengan prosesor i5 tersebut, laptop ini hanya butuh 17 watt untuk menyalakannya. Prosesor hemat energi ini menggunakan separuh dari yang diperlukan dibanding dengan Inspiron terdahulu.
”Produk ini cocok untuk aktifitas komputasi sehari-hari bagi keluarga dan mahasiswa,” kata Lilik.
Bahkan, tampilan grafisnya pun sangat detail, lantaran dukungan Nvidia geforce 2 GB. “Untuk media penyimpanan, pengguna juga tidak perlu kawatir, karena laptop ini memiliki kapasitas hardisk yang cukup besar yaitu 750 GB,’’ tambah Lilik.
Laptop ini juga mendukung beberapa fitur lain, diantarannya 3 x 3 dual-band wireless berbasis standar Wi-Fi N terkini, Bluetooth 4.0, HDMI 1.4a, dan speakers stereo dengan Waves MaxxAudio 4 yang telah diperkenalkan pada notebook premium Dell XPS. (fia)