Identifikasi Musik dengan SoundHound

MALANG – Para pengguna smartphone kian dimudahkan soal pencarian music pada gadget  yang dimilikinya. Itu seiring dengan adanya sebuah aplikasi pencarian musik yang sangat akurat, yakni SoundHound.
Berbeda dengan aplikasi Shazam yang hanya dapat mengidentifikasi lagu melalui musik yang sedang di mainkan, SoundHound lebih canggih, karena bisa mengidentifikasi lagu saat lagu tidak dimainkan. Caranya pengguna hanya perlu mengetik nama artis atau judul lagunya saja.
“Setelah identifikasi lagu, SoundHound seketika memberikan lirik dari lagu tersebut,’’ kata karyawan Global AAR, Jeffry Gigih kepada Malang Post kemarin.
Bukan itu saja, aplikasi yang tersedia di Apple App Store, Google Play dan Wondows Marketplace fo Mobile ini juga dapat menyediakan link yang dapat menyambungkan pengguna ke video lagu tersebut di YouTube, iTunes, nada dering, serta dapat mengakses Pandora Radio, dan memberikan rekomendasi untuk lagu lainnya.
Aplikasi SoundHound ini sendiri dapat di download gratis. Dan aplikasi ini dapat dimainkan di gadget android, iOS maupun Windows Phone. “Sebelumnya aplikasi ini hanya dapat diakses melalui platform iOS saja, hanya saja seiring perkembangan aplikasi ini dapat diakses dengan platform android maupun Windows Phone,’’ tambah Jefry.
Pria berkacamata ini menambahkan, sebelumnya SoundHound bernama Midomi. Sejak 2009 lalu, nama Midomi resmi menjadi SoundHound.Lalu bagaimana mendapatkan SoundHound? Jefri pun menjelaskan dengan detail. Yaitu langkah pertama pengguna harus lebih dulu membuka Apple App Store, Google Play atau Wondows Marketplace for Mobile. Setelah itu pengguna hanya perlu mencari aplikasi SoundHound, yang selanjutnya dilakukan penginstalan. Setelah aplikasi tersebut sukses terinstal, pengguna hanya perlu melakukan restart ponsel. “Setelah dilakukan restart, aplikasi tersebut bisa langsung dimainkan. Tidak susah dan tidak ribet, gampang dengan aplikasi yang maksimal. Sekarang mendengarkan musik lebih keren, karena kita juga bisa menyanyikan lagunya,’’ tandas Jefri.(vik/fia)