Dota 2 Digandrungi 4 Juta Pengguna

MALANG POST - Meski belum genap sebulan diluncurkan, namun pemain aktif Dota 2 sudah menembus angka 4 juta gamer. Salah satu bukti bahwa game tersebut memang sangat digandrungi. Ya, sejak diluncurkan 9 Juli 2013 lalu server Dota 2 terus kebanjiran pemain. Bayangkan saja, hingga kini game tersebut sudah dimainkan oleh 4,008,000 pemain aktif di seluruh dunia. Termasuk para beta tester Dota 2 yang sudah menguji game tersebut sejak 2 tahun lalu. Angka tersebut memang tergolong fantastis untuk sebuah game online yang baru saja diluncurkan.
Tapi tampaknya Dota 2 masih harus mengejar ketinggalannya dari para pesaingnya seperti League of Legends, Heroes of Newerth, dan lainnya.  Sekadar catatan, League of Legends hingga saat ini memiliki pemain aktif hingga 30 juta orang, dan rata-rata setiap hari ada 12 juta gamer yang memainkan game tersebut, demikian yang dikutip dari Megagames, kemarin. Dota 2 adalah sebuah video game strategi mendatang yang dibuat oleh Valve Corporation dan merupakan sekuel dari Defense of the Ancients pada Warcraft III: Reign of Chaos dan The Frozen Throne.  Diumumkan secara formal pada 13 Oktober 2010 lewat website dari majalah Game Informer.
Permainan itu sekarang sedang menjalani fase Beta dan dijadwalkan untuk dirilis penuh pada 2012. Meski business model game itu telah di selesaikan, Dota 2 akan dirilis lewat download pengiriman konten platform oleh Valve Steam, di mana permainan itu telah dikembangkan untuk berjalan secara eksklusif untuk baik peluncuran permainan dan pengiriman update.  Dota 2 akan berjalan pada Microsoft Windows dan Mac OS.  Pada DOTA 2, setiap kita selesai memainkan sebuah game, maka kita akan mendapatkan Battle Point (BP). Jumlah BP yang kita dapatkan bergantung dari lamanya menit kita bermain.  Semakin lama game berlangsung, maka semakin banyak pula BP yang ktia dapatkan. 
Apabila BP sudah mencapai 1000 point, level kita akan naik satu tingkat. Level ini berguna untuk mendapatkan item rare (langka) pada saat selesai memainkan game. Makin tinggi level yang kita miliki, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan item rare yang kita dapatkan.
Berbeda dengan sebelumnya, Dota 2 menggunakan sistem matchmaking untuk bermain dalam suatu game. Sistem pada steam akan secara otomatis mencari server yang ada untuk kita bermain. Ketika sistem sudah menemukan server tempat kita akan bermain, maka kita akan diberikan pilihan untuk accept atau decline untuk bermain di server tersebut. (dk/mar)