Tab 2 Kuasai Pasar Tablet

MALANG – Samsung tidak hanya merajai pasar gadget pada untuk produk smartphonenya. Ramadan kali ini, pabrikan asal Korea Selatan ini juga merajai untuk penjualan tablet. Seri paling laku untuk saat ini adalah seri Galaxy Tab 2 dan Galaxy Note 8. Dua seri ini menjadi best seller selain produk smartphone Galaxy S3 dan S4. “Untuk smartphone paling laris masih S3 dan S4, sementara untuk tablet paling laris adalah Galaxy Tab2 dan Galaxy Note 8,” terang frontliner Erafone, Lia Marita kepada Malang Post kemarin.  Dikatakan dia, penjualan Galaxy Tab 2 dan Galaxy Note memang mengalami peningkatan sejak sepekan terakhir. Sekalipun tidak menyebutkan angka peningkatannya, namun Lia memastikan jika hampir setiap hari dua produk tersebut laku terjual.
“Tahun lalu juga sama. Galaxy Tab2 mengalami peningkatan penjualan,” tegasnya.  Senada dengannya, Badri, pemilik Karna Jaya Cell mengatakan jika terjadi peningkatan penjualan untuk dua produk Samsung, utamanya Galaxy Tab 2. Bukan hanya kebutuhan pengguna tentang mengakses teknologi saja yang menjadi alasan produk ini mengalami peningkatan penjualan. Harga yang relatif terjangkau juga menjadi alasan. Dikatakan oleh Badri untuk Galaxy Tab 2 dijual dengan harga Rp 3,3 juta sedangkan untuk Galaxy Tab pihaknya membanderol dengan harga Rp 1,8 juta. “Alasannya karena harganya relatif sangat murah, disamping itu spesifikasi di dalamnya juga sudah cukup mumpuni untuk para pengguna saat memburu informasi di internet,” tambah dia.
Peningkatan penjualan itu juga terjadi di area Plaza Dieng. Dua tablet ini banyak yang mencari. Bahkan, meski banyak tablet lokal yang dijual dengan harga terjangkau sama sekali tidak menyurutkan pengguna untuk membeli Galaxy Tab dan Galaxy Tab2. Pengguna memilih Galaxy Tab 2 lantaran tablet ini sudah dilengkapi dengan port SIM card yang artinya, pengguna tidak hanya bergantung dengan WiFi saat akan mengakses internet. Bukan itu saja, dengan adanya dukungan SIM card di dalamnya, sudah tentu tablet ini dapat digunakan untuk telepon serta SMS.  “Saat ini tablet Samsung memang cukup banyak dicari,” kata Marketing BlackBerry Corner Plaza Dieng, Kristin Rose.
Lantaran itulah pihaknya hampir kehabisan stok. Secara keseluruhan, Galaxy Tab 2 memang sangat menarik. Dengan layar 7 inci, tablet ini memiliki dimensi 193.7 x 122.4 x 10.5 mm, dengan berat total 345 gram. Tablet ini dipersenjatai dengan Dual-core 1 GHz Dual-core 1 GHz, dengan dukungan chipset TI OMAP 3344, serta power VR SGX 540. Tablet ini berjalan dengan operating sistem Android Ice Cream Sanwich. Layar tablet ini menggunakan layar jenis PLS LCD capacitive touch screen, diperkaya dengan 16M colors, hingga menghasilkan resolusi 600 x 1024 piksel, dan kepadatan hingga 170 ppi. (vik/mar)