HopStop Resmi Milik Apple

MANAJEMEN Apple memutuskan untuk membeli perusahaan layanan transit-navigasi HopStop.com Inc untuk memperkuat layanan peta buatan sendiri. Sebelumnya perusahaan juga baru saja membeli Locationary, sebuah layanan peta lokasi bisnis.
Kebijakan ini menyusul peluncuran peta Apple yang bermasalah pada September tahun lalu. Saat diluncurkan bersamaan dengan sistem operasi iOS6, para pengguna mendapati gambar peta yang semrawut untuk sejumlah lokasi.
"HopStop melayani pengguna untuk peta 500 kota dunia dan cara bertransportasi tercepat lwat jalan kaki, sepeda, kereta bawah tanah dan mobil." demikian ditulis harian Bloomberg digital pada Minggu, 21 Juli 2013.
Sedangkan Locationary memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi bisnis terkini seperti restauran. Apple memang berusaha membuat aplikasi peta sendiri, yang mulai diluncurkan untuk iPhone 5. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini mencoba bersaing dengan Google.
Google dikenal dengan aplikasi peta Google Map, yang semakin mengukuhkan perusahaan pada layanan pencarian khususnya lokasi. Peta besutan Google menjadi aplikasi gratis paling popular pada toko aplikasi Apple App Store. Sedangkan aplikasi HopStop menempati peringkat ke-7 untuk aplikasi navigasi gratis. (tmp/fia)